REPRESENTASI FEMININITAS REMAJA WANITA PADA MAJALAH NYLON INDONESIA

ANNISA PUSPA ANDIRA DHARMAYANDA (2015) REPRESENTASI FEMININITAS REMAJA WANITA PADA MAJALAH NYLON INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 17 June 2023.

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 17 June 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 17 June 2023.

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 17 June 2023.

Download (202kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai representasi femininitas remaja wanita yang ada di dalam majalah Nylon edisi Indonesia. Majalah Nylon merupakan majalah waralaba yang berasal dari Amerika Serikat. Penelitian ini menganalisis representasi sisi femininitas dari remaja wanita tersebut dalam majalah Nylon versi Indonesia. Femininitas sendiri merujuk pada identitas yang dibentuk/dikonstruksi dan dilekatkan secara sosial pada wanita. Identitas tersebut tidak lepas dari pengaruh budaya yang dianut oleh lingkungan masyarakat sosial. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perkembangan representasi atas femininitas remaja wanita di dalam majalah sebagai media yang memiliki segmentasi khusus. Femininitas remaja wanita yang direpresentasikan tersebut akan mencerminkan suatu nilai-nilai yang mengikuti ideologi text producer majalah Nylon Indonesia. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini berbasis pada teori femininitas yang mengacu pada psikoanalisis Sigmund Freud. Kemudian representasi femininitas tersebut berlandaskan pada teori representasi Stuart Hall. Representasi yang ditampilkan kemudian dihubungkan dengan teori budaya global, dimana adanya idealisasi nilai-nilai yang disisipkan di dalam representasi femininitas remaja wanita di dalam majalah Nylon Indonesia. Majalah Nylon Indonesia yang mengklaim tema pop culture juga menjadi landasan teori yang mengkaitkan pop culture tersebut dengan representasi femininitas remaja wanita yang dilakukan oleh majalah Nylon Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif dengan metode semiotik diskursif. Data penelitian diperoleh dari analisis tekstual dengan data utama berasal dari teks-teks yang ada di dalam majalah Nylon Indonesia dan data pendukung berupa referensi-referensi teori. Berdasarkan penelitian ini ditemukan indikasi representasi femininitas remaja wanita yang berbeda yang dilakukan oleh majalah Nylon Indonesia. Representasi tersebut mengarah pada konstruksi atas femininitas remaja wanita, berlandaskan nilai-nilai dari ideologi text producer majalah Nylon Indonesia. Ideologi tersebut merupakan turunan dari nilai-nilai yang dipegang oleh text producer majalah Nylon US, sebagai majalah induk Nylon Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 45/15 Dha r
Uncontrolled Keywords: ADOLESCENCE; PERIODICALS
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ANNISA PUSPA ANDIRA DHARMAYANDANIM071115077
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos.,M.Med-KomNIDN0030128401
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 31 Aug 2015 12:00
Last Modified: 17 Jun 2020 01:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17674
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item