PENGGAMBARAN IDENTITAS KOTA BATU DALAM IKLAN SHINING BATU 360° COUPLE

LUQMAN IBNU RUSYD, 071115090 (2015) PENGGAMBARAN IDENTITAS KOTA BATU DALAM IKLAN SHINING BATU 360° COUPLE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-rusydluqma-38722-6.abstr-k.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran identitas Kota Batu dalam iklan Shining Batu 360° Couple. Identitas sebuah kota bisa diproduksi melalui representasi yang merupakan sebuah sistem simbolik, identitas kota inilah direpresentasikan melalui iklan seolah menjadi nyata dan bukan sebuah rekaan. Sehingga, penelitian ini menjadi penting karena sebagai kota yang sedang bertransformasi menjadi kota tujuan utama wisata internasional di Indonesia, dapat dirasakan melalui keseriusan Pemerintah Kota Batu dengan keberadaan iklan ini. Penelitian ini merujuk pada pertanyaan bagaimana identitas Kota Batu digambarkan melalui iklan Shining Batu 360° Couple? Identitas Kota Batu yang digambarkan melalui visual iklan ini mengindikasikan adanya upaya city branding yang dilakukan oleh Pemerintah Kota untuk menarik minat audience. Tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, mengaitkan dengan modernitas, globalisasi dan city identity. Kedua, menggunakan teori representasi dan city branding. Ketiga adalah identitas kota dan ruang publik. Keempat, mengaitkan dengan iklan sebagai media city branding. Kelima adalah identitas kota dalam iklan dimana kota menjadi komoditas. Keenam, penggunaan bahasa visual iklan. Ketujuh adalah penggunaan tradisi semiotik periklanan untuk membaca iklan. Terakhir yang kedelapan adalah penggunaan metode semiotik Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotik dengan perspektif triangle of meaning milik Charles Sanders Peirce yang menjelaskan melalui sign, object dan interpretant kemudian peneliti melakukan interpretasi terhadap beberapa potongan scene menggunakan teori identitas, representasi, city identity dan globalisasi. Penggambaran Kota Batu dalam iklan ini memperlihatkan Batu sebagai sebuah kota yang telah bertransformasi. Hal tersebut diperkuat dengan adanya reposisi identitas yang memperhatikan tiga sektor sebagai citra Kota Batu saat ini, yaitu pariwisata, agrobisnis dan pendidikan. Serta didukung dengan adanya penggambaran tempat peribadatan umat beragama, memperlihatkan Batu sebagai kota yang multikultural. City identity kota Batu saat inilah yang dibranding dengan nama Shining Batu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 75/15 Rus p
Uncontrolled Keywords: CITY PROMOTION
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
LUQMAN IBNU RUSYD, 071115090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med-Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Oct 2015 12:00
Last Modified: 05 Aug 2016 03:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17733
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item