GAMBARAN GAUL DALAM IKLAN KOPI (ANALISIS SEMIOTIK GAYA HIDUP GAUL DALAM IKLAN KOPI GOOD DAY GAUL DAN IKLAN KOPIKO 78º C)

INES LOETHFIANA PUTRI, 071115093 (2015) GAMBARAN GAUL DALAM IKLAN KOPI (ANALISIS SEMIOTIK GAYA HIDUP GAUL DALAM IKLAN KOPI GOOD DAY GAUL DAN IKLAN KOPIKO 78º C). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-putriinesl-38727-6.abstr-k.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17737.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis semiotik gaya hidup gaul dalam iklan kopi Good Day versi “Gaul di Dunia Gue” dan iklan Kopiko 78º. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena gaya hidup menjadi simbol untuk merepresentasikan kelas sosial dan identitas masyarakat. Peneliti memilih iklan kopi Good Day “Gaul” karena iklan tersebut menjadi satu-satunya iklan kopi yang secara eksplisit menggungakan kata gaul sebagai taglinenya. Selain itu, peneliti juga memilih iklan Kopiko 78º karena Kopiko 78º merupakan produk pesaing dari kopi Good Day “Gaul” yang terbukti dari peringkat Top Brand kategori kopi siap saji, kedua iklan tersebut menduduki tiga besar di tahun 2014. Sehingga iklan kopi Good Day “Gaul” dan Kopiko 78º menarik untuk diteliti. Oleh karena itu, peneliti ingin menggali lebih dalam bagaimana gaya hidup gaul digambarkan melalui tanda-tanda dalam iklan kopi tersebut, serta menggali lebih dalam mitos dan ideologi yang muncul dalam kedua iklan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Bourdieu terkait habitus, legitimasi selera, dan gaya hidup. Selain itu, peneliti juga menggunakan beberapa teori terkait budaya populer, youth culture, dan teori representasi oleh Stuart Hall. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksploatif dan menggunakan metode semiotik Roland Barthes untuk membantu peneliti dalam menganalisis penggambaran gaya hidup gaul dalam iklan kopi Good Day “Gaul” dan iklan Kopiko 78º. Berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti, gaya hidup gaul yang digambarkan dalam iklan kopi adalah gaya hidup anak muda yang serba menyenangkan (fun), selalu aktif, berpenampilan modern, dan selalu mempunyai leisure time. Gaya hidup merujuk pada gaya hidup kelas sosial menengah dan keatas. Maka, dominasi mitos yang muncul merujuk pada gaya hidup anak muda yang hedon yang dianalisis melalui pemilihan talent, adegan, pemilihan backsound, dan menjadikan gaul sebagai salah satu bagian dari budaya populer kawula muda. Hal tersebut menjadikan ideologi hedonisme dan kapitalisme tidak terlepas dari penggambaran gaya hidup gaul yang ditampilkan dalam iklan kopi, karena anak muda menjadi target sasaran intervensi kapitalis yang mana gaya hidup gaul yang dikomodifikasi ke dalam iklan kopi .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 62/15 Put g
Uncontrolled Keywords: LIFESTYLES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
INES LOETHFIANA PUTRI, 071115093UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRendi Pahrun Wadipalapa, S.Kom., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Oct 2015 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 16:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17737
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item