ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN RELATIONSHIP MARKETING PADA MARKETING COMMUNICATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN: Studi Kasus pada PT. Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi)

Nidya Rachma Nawinda, 071115058 (2015) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN RELATIONSHIP MARKETING PADA MARKETING COMMUNICATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN: Studi Kasus pada PT. Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-nawindanid-38735-6.abstr-k.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini fokus pada implementasi pendekatan relationship marketing pada komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi) dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. PT. Serasi Transportasi Nusantara merupakan perusahaan taxi di kota Surabaya yang mendapatkan berbagai penghargaan mengenai loyalitas pelanggan setiap tahunnya sehingga menghantarkan O-Renz taxi sebagai Surabaya’s BEST taxi service. Pencapaian berbagai penghargaan tersebut didapatkan dengan menerapkan pendekatan relationship marketing yang bertujuan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Relationship marketing adalah pendekatan kepada pelanggan dengan menciptakan komunikasi dua arah dan dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview, observasi dan juga data sekunder dari literature, artikel serta dokumentasi perusahaan baik cetak maupun online di internet. Indepth interview dilakukan pada pembuat dan pelaku penerapan pendekatan relationship marketing yang terdapat pada struktur perusahaan, yaitu kepala divisi sales & marketing, koordinator customer assistance & reservastion serta koordinator promotion officer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi) melakukan berbagai implementasi pendekatan relationship marketing dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dengan konsep Outsight-in dan Employee Empowerment. Outsight-in merupakan pemahaman insight dari pelanggan. Sedangkan employee empowerment adalah pemberdayaan karyawan dalam seluruh aktifitas perusahaan. Implementasi relationship marketing tersebut diterapkan pada pendekatan komunitas, program loyalitas, kegiatan brand activation, dan juga customer service online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 65/15 Naw a
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION IN MARKETING; RELATIONSHIP MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Nidya Rachma Nawinda, 071115058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNurul Ratna Sari, S.IP., M.Comm.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Oct 2015 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 04:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17740
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item