Analisis Implementasi Pendekatan Relationship Marketing Pada Marketing Communications Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt. Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi))

Nidya Rachma Nawinda (2015) Analisis Implementasi Pendekatan Relationship Marketing Pada Marketing Communications Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt. Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi)). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (366kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (405kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (727kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini fokus pada implementasi pendekatan relationship marketing pada komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi) dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. PT. Serasi Transportasi Nusantara merupakan perusahaan taxi di kota Surabaya yang mendapatkan berbagai penghargaan mengenai loyalitas pelanggan setiap tahunnya sehingga menghantarkan O-Renz taxi sebagai Surabaya’s BEST taxi service. Pencapaian berbagai penghargaan tersebut didapatkan dengan menerapkan pendekatan relationship marketing yang bertujuan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Relationship marketing adalah pendekatan kepada pelanggan dengan menciptakan komunikasi dua arah dan dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview, observasi dan juga data sekunder dari literature, artikel serta dokumentasi perusahaan baik cetak maupun online di internet. Indepth interview dilakukan pada pembuat dan pelaku penerapan pendekatan relationship marketing yang terdapat pada struktur perusahaan, yaitu kepala divisi sales & marketing, koordinator customer assistance & reservastion serta koordinator promotion officer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi) melakukan berbagai implementasi pendekatan relationship marketing dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dengan konsep Outsight-in dan Employee Empowerment. Outsight-in merupakan pemahaman insight dari pelanggan. Sedangkan employee empowerment adalah pemberdayaan karyawan dalam seluruh aktifitas perusahaan. Implementasi relationship marketing tersebut diterapkan pada pendekatan komunitas, program loyalitas, kegiatan brand activation, dan juga customer service online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 65/15 Naw a
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Relationship Marketing, Loyalitas, PT. Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi).
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Nidya Rachma NawindaNIM071115058
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna SariNIDN0013068301
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Oct 2015 12:00
Last Modified: 20 May 2020 02:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17740
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item