REPRESENTASI ANAK PADA IKLAN TELEVISI ASURANSI PRUDENTIAL INDONESIA: STUDI RECEPTION ANALYSIS ORANG TUA TERHADAP REPRESENTASI ANAK PADA IKLAN TELEVISI PRUDENTIAL INDONESIA

SAKTI AJISASMITA, 071115006 (2015) REPRESENTASI ANAK PADA IKLAN TELEVISI ASURANSI PRUDENTIAL INDONESIA: STUDI RECEPTION ANALYSIS ORANG TUA TERHADAP REPRESENTASI ANAK PADA IKLAN TELEVISI PRUDENTIAL INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2015-ajisasmita-38738-6.abstr-k.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi pemaknaan orang tua mengenai representasi identitas anak yang ditampilkan pada iklan asuransi Prudential Indonesia. Signifikansi penelitian ini yaitu identitas anak yang ditampilkan oleh media saat ini merupakan suatu konstruksi. Identitas anak tidak lagi menjadi netral, melainkan dijadikan komodifikasi untuk mempromosikan suatu produk, dalam hal ini asuransi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah Reception Analyisis dengan teknik pengumpulan data FGD (Focus Group Discussion). Penelitian menggunakan informan dengan latar belakang demografi yang heterogen. Perbedaan tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil interpretasi yang beragam. Informan yang dijadikan subjek penelitian ini yaitu orang tua, sebab orang tua merupakan target market dari iklan Prudential, selain itu penggunaan orang tua dikarenakan mereka merupakan khalayak aktif media. Hasil dari penelitian ini yaitu menurut para informan terdapat tiga hal penting yang terlihat berkaitan dengan konstruksi identitas anak. Pertama berkaitan dengan kelas sosial, menurut para informan, identitas anak yang terlihat pada iklan Prudential Indonesia lebih memperlihatkan kelas sosial menengah keatas, hal itu terlihat terutama dari atribut, serta warna kulit anak yang ditampilkan. Kedua konstruksi identitas anak yang terlihat dari sisi gender yang ditampilkan dalam iklan Prudential. Menurut informan identitas gender yang terlihat berkaitan dengan atribut yang digunakan. Konstruksi identitas anak yang ketiga yaitu berkaitan dengan hobi atau pertemanan mereka. Selain ketiga hal tersebut, hasil penelitian ini juga melihat posisi informan berada pada dominant reading, negotiated reading, atau oppositional reading dalam menginterpretasi iklan Prudential Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 68/15 Aji r
Uncontrolled Keywords: TELEVISION AND CHILDREN; CHILDREN IN ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
SAKTI AJISASMITA, 071115006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKandi Aryani S., , S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Oct 2015 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 07:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17743
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item