KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT MISKIN TENTANG PELAYANAN BPJS KESEHATAN: Studi Deskriptif Konstruksi Sosial Masyarakat Miskin tentang Pelayanan BPJS Kesehatan di Tawang Sari Kecamatan Trowulan

AINUN NURFITRADANA, 071114052 (2016) KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT MISKIN TENTANG PELAYANAN BPJS KESEHATAN: Studi Deskriptif Konstruksi Sosial Masyarakat Miskin tentang Pelayanan BPJS Kesehatan di Tawang Sari Kecamatan Trowulan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2016-nurfitrada-40265-6.abstr-k.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi sosial masyarakat miskin tentang pelayanan BPJS, dan untuk mengetahui aksesibilitas masyarakat miskin dalam pemanfaatan BPJS. Peneliti menganggap penting karena kemiskinan menjadi problem di hampir semua negara. Tak perduli negara maju atau negara yang sedang berkembang. Di Indonesia, sebagai negara berkembang angka kemiskinan masih cukup tinggi. Karena itu, pemerintah menyelenggarakan sebuah pelayanan kesehatan yang selanjutnya dinamakan BPJS Kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara melakukan wawancara mendalam. Untuk menganalisis temuan data di lapangan, digunakan teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger yang berisi tiga dialektika yaitu internalisasi, obyektivasi dan eksternalisasi. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif untuk menghasilkan temuan data yang bersifat deskriptif dari konstruksi para informan yang dipilih secara purposive, yang dilakukan di desa Tawang Sari kecamatan Trowulan. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa program pelayanan BPJS Kesehatan telah menjadi sebuah kebiasaan dalam keluarga. Kebiasaan tersebut kemudian kembali diinternalisasi oleh peserta pelayanan BPJS Kesehatan sebagai sebuah sifat subyektif dan menjadi pedoman hidup bagi peserta. Proses internalisasi ini membuat PBJS Kesehatan telah menjadi bagian dalam diri peserta kembali, dan merupakan konstruksi yang terjadi pada peserta. Melalui proses tersebut, peserta kemudian memiliki deskripsi tentang pelayanan kesehatan keluarga berdasarkan yang dipahami dan yang terjadi dalam keluarganya. Dalam beberapa kasus, deskripsi ini dapat saja mengalami perubahan dibanding ketika diinternalisasi pada tahap awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. S. 58/15 Nur k
Uncontrolled Keywords: POVERTY - SOCIAL ASPECT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AINUN NURFITRADANA, 071114052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSepti Ariadi, Drs.MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 22 Feb 2016 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 08:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17748
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item