SUMBER-SUMBER INFORMASI DAN PREFERENSI PRODUK SHAMPO PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Erys Surveyatmini, 070116505 (2006) SUMBER-SUMBER INFORMASI DAN PREFERENSI PRODUK SHAMPO PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-surveyatmi-1292-kkbkk-2-k.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17755.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dinamika kebutuhan manusia yang beraneka ragam terhadap produk shampo yang ada di Indonesia, maka iklim persaingan pada perusahaan produk shampo cendrung mulai ketat. Berbagai merk muncul dipasaran yang membuat konsumen produk shampo dihadapkan untuk menentukan pilihan merk shampo apa yang cocok dengan rambut mereka. Sumber-sumber informasi juga menentukan pemilihan produk shampo. Mahasiwa sebagai salah satu segmen produk shampo yang potensial, menarik untuk diteliti lebih dalam terutama dalam preferensi produk shampo. Alasan memilih dilingkungan Universitas Airlangga karena mahasiswa Universitas Airlangga yang heterogen dengan berbagai umur dan tingkat ekonomi sosial, maka akan didapatkan data yang bervariatif nantinya. Dengan menggunakan kajian tentang komunikasi pemasaran, perilaku konsumen, dan pengetahuan konsumen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian survey yang ditampilkan dalam bentuk kuesioner kemudian data dikoding berdasarkan kategori-kategiri yang kemudian dimasukkan kedalam tabel frekuensi dan dianalisis sehingga dapat menggambarkan preferensi produk shampo pada mahasiswa yang dikaitkan dengan usia, jenis kelamin, daerah asal. Teknik pengambilan sample secara purposive, populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Airlangga dengan sampel adalah 100 responden berdasarkan rumus Yamane sedangkan teknik analisis dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebanyakan responden memilih sumber informasi media sebanyak 68%, dari teman sebanyak 18%, dan dari saudara atau keluarga sebanyak 14%. Sedangkan shampo yang paling dipilih untuk digunakan adalah merk Sunsilk sebanyak 23% responden. Jika dilihat dari indikator usia 17 – 20 tahun shampo yang paling dipilih Sunsilk, dan 21- 24 tahun Head & Shoulders dan Sunsilk, sedangkan usia > 24 tahun lebih cendrung memilih Clear. Dilihat dari indikator jenis kelamin, perempuan lebih memilih shampo Sunsilk sebanyak 23% dan laki-laki memilih Clear sebanyak 19%. Dan jika dilihat dari indikator daerah asal, 14% memilih shampo Clear dan yang berasal dari luar Surabaya memilih Sunsilk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 17/06 Sur s
Uncontrolled Keywords: SHAMPOOS; QUALITY OF PRODUCTS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Erys Surveyatmini, 070116505UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYan Yan Cahyana, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 06 Jun 2006 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17755
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item