ORANG DENGAN HIV/ AIDS (ODHA) MENJADI AKTIVIS HIV/ AIDS (Studi kualitatif tentang makna stigma dan empati terhadap ODHA yang lain)

Isroiyah, 070116504 (2006) ORANG DENGAN HIV/ AIDS (ODHA) MENJADI AKTIVIS HIV/ AIDS (Studi kualitatif tentang makna stigma dan empati terhadap ODHA yang lain). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-isroiyah-1435-kkbkk-2-k.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17763.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada harian Kompas, 1 Desember 2004 dan Deteksi Jawa Pos 1 Desember 2004, adanya ODHA yang menjadi aktivis HIV /AIDS mulai membuka pengalaman dan perjuangannya melawan HIV / AIDS . Hal tersebut yang melatar belakangi masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini, peneliti mencoba menelusuri permasalahan lebih mendalam lagi dengan mengangkat masalah mengenai Bagaimana pemaknaan stigma yang diterima oleh Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang menjadi aktivis HIV /AIDS ? dan Bagaimana wujud empati yang diberikan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang menjadi aktivis HIV/AIDS ? Teori yang akan digunakan dalam penelitian ini diantaranya: teori aksi (action theory) oleh Max weber, Teori tersebut merupakan Grand teori yang digunakan, yang bisa diterjemahkan sebagai berikut: stimulus yang ada merupakan suatu stigma yang diterima oleh ODHA yang menjadi aktivis HIV /AIDS. Individu merupakan ODHA yang menjadi aktivis HIV /AIDS. Tindakan merupakan empati yang diberikan aktivis kepada ODHA. Dalam menggali dan menganalisis data, penelitian ini menggunakan kualitatif dengan indepth interview (wawancara mendalam) dan observasi yang dilakukan oleh penulis dengan informan yang telah ditunjuk dan representative di bidangnya. Informan yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 9 orang, diantaranya 4 ODHA dan 5 Orang hidup dengan ODHA (Ohidha). 4 ODHA tersebut, 2 penularan virus HIV/AIDS berasal dan narkoba suntik atau Injecting Drug User (IDU), dan 2 berasal dari hubungan seksual. Hasil penelitian ini menemukan adanya perbedaan pemaknaan stigma yang diperoleh oleh ODHA, hal itu dipengaruhi oleh latar belakang kehidupan mereka berasal, meskipun demikian mereka mempunyai empati yang sangat besar terhadap ODHA – ODHA yang lain berupa pendampingan dan berbagi pengalaman kepada ODHA yang belum memahami HIV/AIDS. Disamping itu juga adanya peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang membantu aktivis tersebut untuk terus berkampanye memerangi stigma yang masih melekat pada ODHA, sehingga diharapkan stigma tersebut bisa dihapus melalui kampaye - kampaye yang diberikannya, berupa pemberian informasi yang benar tentang HIV/AIDS kepada masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 15/06 Isr o
Uncontrolled Keywords: STIGMA (SOCIAL PSYCHOLOGY); EMPHATY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1176-1281 Social influence. Social pressure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Isroiyah, 070116504UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Jul 2006 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 17:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17763
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item