PENGARUH INTENSITAS PENGAWASAN EKSTERNAL ORGANISASI TERHADAP TINGKAT AKUNTABILITAS PROGRAM PEMBANGUNAN (Studi Eksplanatif Mengenai Pengaruh Intensitas Pengawasan Eksternal Organisasi Terhadap Tingkat Akuntabilitas Program Pemberian Makanan Tambahan Anak S

Yunita Erristiowati, 070116395 (2006) PENGARUH INTENSITAS PENGAWASAN EKSTERNAL ORGANISASI TERHADAP TINGKAT AKUNTABILITAS PROGRAM PEMBANGUNAN (Studi Eksplanatif Mengenai Pengaruh Intensitas Pengawasan Eksternal Organisasi Terhadap Tingkat Akuntabilitas Program Pemberian Makanan Tambahan Anak S. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-erristiowa-1437-kkbkk-2-k.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17766.compressed.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu bagaimana pengaruh intensitas pengawasan eksternal organisasi terhadap tingkat akuntabilitas program pembangunan serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini mengambil lokasi di Kota Surabaya dan difokuskan pada Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah atau yang lebih umum dikenal dengan PMTAS. Yang melatarbelakangi permasalahan tersebut bahwa saat ini akuntabilitas menjadi penting bagi penyelenggaraan program-program pemerintah. Banyaknya program-program pemerintah khususnya program-program pengentasan kemiskinan tidak berjalan seperti yang diharapkan, hampir semuanya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pada umumnya program tersebut hanya memiliki efek jangka pendek bahkan tidak sedikit diantaranya justru menambah persoalan baru. Dalam program PMTAS ini juga ditemukan hal demikian, sejalan dengan pelaksanaan ditemukan berbagai kasus yang mengindikasikan bahwa program tersebut tidak akuntabel. Pengawasan disini memegang peran yang cukup penting. Hal ini sejalan dengan teori yang dikemukanan oleh Romzeck dan Dubnick bahwa akuntabilitas publik selain bergantung pada kemampuan manajerial seorang pemimpin juga amat ditentukan oleh sistem pengawasan yang diterapkan. Berdasarkan teori itulah maka dalam persoalan ini peneliti menganggap bahwa pengawasan memiliki kaitan langsung dalam menciptakan akuntabilitas, sehingga dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pengawasan yang dilakukan oleh individu atau organisasi yang berada diluar organisasi pelaksana program. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksplanatif . Yaitu suatu tipe penelitian yang digunakan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara dua variabel, yakni intensitas pengawasan eksternal organisasi dan tingkat akuntabilitas program pembangunan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei dengan mengambil sampel dari satu populasi yang ditarik dengan menggunakan metode Proposional Sampling, dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang utama. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah SD penerima PMTAS di Kota Surabaya, teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa regresi linier yaitu suatu teknik uji statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dua variabel. Dari hasil analisa diperoleh kesimpulan bahwa intensitas pengawasan berpengaruh pada tingkat akuntabilitas program pembangunan dan besar pengaruh variabel intensitas pengawasan adalah sebesar 44,7%,dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil temuan dilapangan dapat disimpulkan bahwa pengawasan eksternal organisasi pada program PMTAS tergolong kurang intens dan tingkat akuntabilitas programnya tergolong tidak akuntabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 03/06 Err p
Uncontrolled Keywords: DIETARY SUPPLEMENTS; RESPONSIBILITY ORGANIZATION
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Yunita Erristiowati, 070116395UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunaryo, Drs., M.PstUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Jul 2006 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 18:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17766
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item