KONTRIBUSI PERSPEKTIF EKOFEMINISME DALAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL: SEBUAH TELAAH TEORITIS

Silvana Devinta Sari, 070116478 (2006) KONTRIBUSI PERSPEKTIF EKOFEMINISME DALAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL: SEBUAH TELAAH TEORITIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-sarisilvan-1470-kkbkk-2-k.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17767.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pokok bahasan penelitian ini adalah kontribusi ekofeminisme dalam studi hubungan internasional. Studi hubungan internasional lekat dengan pembahasan mengenai konflik antarmanusia maupun konflik Iingkungan yang terjadi terus menerus. Pendekatan hubungan internasional yang ada belum sepenuhnya mampu menghilangkan dan menjelaskan penyebab konflik. Ekofeminisme sebagai sebuah varian dari feminisme yang mengunggulkan nilai-nilai keperempuanan dan penghargaan atas alam semesta dianggap mampu menjawab berbagai permasalahan tersebut. Berdasar pada hal tersebut maka penelitian ini ingin menjawab pertanyaan bagaimana ekofeminisme memandang sistem internasional serta menjelaskan penyebab konflik antarmanusia dan konflik Iingkungan. Landasan pemikiran yang dipakai dalam penelitian ini adalah perdebatan besar dalam hubungan internasional yang melahirkan perspektif kritik yang mengkritisi perspektif hubungan internasional mainstream (realis, idealis, behavioralis). Perspektif kritik tersebut adalah feminisme yang menjadi benang merah dalam menghubungkan ekofeminisme dengan studi hubungan internasional. Melalui analisis tentang geopolitik dan konflik, penelitian ini mendapatkan gambaran tentang sistem internasional serta penyebab konflik. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah sistem internasional bersifat maskulin yang mensubordinasikan perempuan dan alam. Maskulinitas juga dianggap sebagai penyebab konflik antarmanusia dan konflik Iingkungan. Penelitian ini menemukan bahwa ekofeminisme berada pada tataran wacana karena belum ditemukan kasus-kasus sebagai bentuk penerapan ekofeminisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 35/06 Sar k
Uncontrolled Keywords: ECOFEMINISM; INTERNATIONAL RELATIONS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM481-554 Theory. Method. Relations to other subjects
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Silvana Devinta Sari, 070116478UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Rokhmawati Susanto, S.IP., MIRUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 19 Jul 2006 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17767
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item