EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI E-PROCUREMENT Studi Deskriptif tentang Efektifitas dan Efisiensi Program Lelang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Secara Online (e-procurement ) di Pemerintah Kota Surabaya

MUHAMMAD KHOLIS, 070116401 (2006) EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI E-PROCUREMENT Studi Deskriptif tentang Efektifitas dan Efisiensi Program Lelang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Secara Online (e-procurement ) di Pemerintah Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-kholismuha-3056-kkbkk-2-k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17771.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

E -procurement yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kota Surabaya merupakan sebuah lompatan baru dalam penerapan teknologi informasi dalam penyelenggaran pemerintah dalam hal pelayanan terhadap publik. Sebagai salah satu bagian dari bentuk e-government, e-procurement dituntut untuk selalu dapat memberikan sebuah pelayanan yang harus lebih dibandingkan pelayanan sebelumnya yang diselenggarakan dengan proses manual dalam proses lelang pengadaan barang/jasa pemerintahan dilingkungan pemerintah Kota Surabaya. Selain dapat memberikan sebuah layanan yang lebih baik e-procurement juga diharapkan menjadi sebuah media yang dapat menciptakan iklim dan budaya bersih, transparan, dan akuntabel sebagai upaya menciptakan good governance. Permasalahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimana e-procurement sebagai salah satu bentuk e-government yang telah berbasis teknologi informasi dapat seefektif mungkin dan seefisien mungkin untuk dapat menyelenggarakan sebuah pelayanan yang ideal dan sebagai upaya mencitakan terbentuknya good governance dalam penyelenggaraan lelang pengadaan barang/jasa pemerintahan. Penelitian ini guna menjawab permasalahan di atas menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan pengambilan data dari wawancara yang mendalam, dokumentasi dan observasi. Sedangkan untuk pengambilan informan dilakukan dengan cara purposive dan menggunakan tehnik snowball yang meliputi informan yang berada di instansi terkait ataupun infonnan yang berasal dari rekanan yang turut aktif dalam proses lelang pengadaan barang/jasa pemerintahan di Kota Surabaya. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah e-procurement dalam penerapannya memang telah menjadikan pelayanan dan informasi tentang lelang pengadaan barang/jasa terasa lebih mudah dan lebih cepat, namun e-procurement belum dapat membentuk penghematan biaya dengan memadukan keuntungan yang diperolehnya. Selain itu e-procurement belum bisa membentuk sebuah hubungan interaksi yang baik antara pemerintah, swasta, dan masyarakat. Hubungan interaksi yang terjadi hanya sampai pada hubungan interaksi antara pemerintah den gan swasta. E-procurement juga belum bisa dianggap sebagai sebuah media teknologi informasi yang menjebatani dalam upaya membentuk good governance. Ini dapat dilihat masih kurangnya transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi dimana masih terjadinya kecenderungan penyelewengan dan kecurangan dalam proses lelang pengadaan barang/jasa pemerintahan di Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 12/06 Kho e
Uncontrolled Keywords: STOCK DEVELOPMENT; DISTRIBUTION SYSTEM
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD KHOLIS, 070116401UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGatot Pramuka, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 01 Dec 2006 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 00:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17771
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item