PENGARUH ADMINISTRASI PEMUNGUTAN DAN MEKANISME PENGENDALIAN TERHADAP TINGKAT KINERJA PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH (Studi Tentang Pengaruh Administrasi Pemungutan dan Mekanisme Pengendalian Terhadap Tingkat Kinerja Pemungutan Pajak Hotel di Kota Surabaya)

MELISSA RUSMALASARI, 070116397 (2006) PENGARUH ADMINISTRASI PEMUNGUTAN DAN MEKANISME PENGENDALIAN TERHADAP TINGKAT KINERJA PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH (Studi Tentang Pengaruh Administrasi Pemungutan dan Mekanisme Pengendalian Terhadap Tingkat Kinerja Pemungutan Pajak Hotel di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-rusmalasar-3058-kkbkk-2-k.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17773.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Intensifikasi Pajak Daerah merupakan salah satu langkah efektif yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Hal tersebut juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya melalui intensifikasi terhadap pajak hotel sebagai sumber potensial dalam PAD namun pemungutannya masih belum sesuai dengan potensi riil yang bisa digali. Adapun yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah tentang pengaruh administrasi pemungutan dan mekanisme pengendalian terhadap tingkat kinerja pemungutan pajak hotel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survai yaitu penelitian yang menggunakan kuisioner sebagai alat pegumpul data primer. Adapun bentuk item pertanyaan yang digunakan bersifat tertutup. Tehnik penarikan responden yang dilakukan adalah dengan mengambil / menjadikan keseluruhan populasi sebagai responden. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui; menghimpun data primer, mengumpulkan data sekunder/penunjang yang berkaitan dengan permasalahan penelitian, serta melalui observasi sebagai pembanding. Dalam penelitian ini untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian dengan tehnik korelasi product moment dari Pearson. Dalam perhitungannya dibantu dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 10. Sedangakan untuk tehnik analisa data digunakan analisa regresi ganda (majemuk) serta analisa korelasi parsial. Analisa regresi ganda dilakukan untuk menguji hipotesis yang telah dibuat. Sedangkan analisa korelasi parsial digunakan untuk menguji murni tidaknya hubungan variabel x dan y. Dari hasil perhitungan dan anlisa yang dilakukan maka dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai jawaban atas rumusan masalah bahwa administrasi pemungutan dan mekanisme pengendalian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tingkat kinerja pemungutan pajak hotel. Pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu sebesar 86,5%, dimana sumbangan variabel administrasi pemungutan sebesar 18,8% dan variabel mekanisme pengendalian sebesar 75,9%. Sumbangan variabel mekanisme pengendalian lebih besar daripada sumbangan variabel administrasi pemungutan, antara lain disebabkan karena mekanisme pengendalian merupakan salah satu fungsi manajemen yang memastikan organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Jadi dapat disimpulkan bahwa sumbangan kedua variabel tersebut adalah sebesar 86,5% dan sisanya sebsar13,5% disebabkan oleh variabel lainnya. Dengan demikian semakin baik administrasi yang dilakukan serta semakin baik mekanisme pengendalian dilaksanakan maka tingkat kinerja pemungutan pajak hotel akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis 14/06 Rus p
Uncontrolled Keywords: INCOME TAX, MUNICIPAL; TAXATION � LAW AND LEGISLATION
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
MELISSA RUSMALASARI, 070116397UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBintoro Wardiyanto, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 01 Dec 2006 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 19:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17773
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item