SEGREGASI KERJA PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DI PERUSAHAAN PERSEWAAN KAPAL DI SURABAYA

Totok Akbar Sriyudianto, 070216775 (2006) SEGREGASI KERJA PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DI PERUSAHAAN PERSEWAAN KAPAL DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
17.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17794.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peneliti melakukan penelitian tentang segregasi kerja di perusahaan persewaan kapal. Peneliti membuat tiga perumusan masalah untuk mengetahui apakah perusahaan persewaan kapal tersebut melakukan segregasi kerja pada pegawainya atau tidak. Pertama, bagaimana kedudukan atau posisi pegawai perempuan dan laki-laki pada perusahaan persewaan kapal itu? Kedua, bagaimana pembagian kerja antara pegawai perempuan dan pegawai laki-laki? Ketiga, bagaimanakah mekanisme kerja yang terjadi di perusahaan tersebut? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara tepat sifat¬sifat suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu. Teknik mendapatkan informan adalah dengan cara snowball. Teknik pengumpulan data di lapangan menggunakan wawancara mendalam. Tentunya wawancara yang dilakukan mengacu pada pedoman wawancara. Di perusahaan ini, peneliti menemukan bahwa pegawai perempuan menduduki posisi yang kurang strategis jika dibandingkan dengan laki-laki. Perempuan hanya menduduki posisi staf sedangkan laki-laki mendominasi posisi manajer dan direktur. Perempuan lebih banyak terlibat pada pekerjaan/tugas-¬tugas perusahaan yang bersifat statis. Sedangkan laki-laki lebih banyak terlibat pada pekerjaan yang bersifat progresif. Peneliti menemukan bahwa mekanisme kerja di perusahaan ini didominasi nilai-nilai patriarki. Buktinya posisi-posisi yang penting seperti direktur dan manajer dikuasai oleh laki-laki. Perempuan tidak diberi kesempatan untuk menduduki posisi yang strategis itu. Karena posisi-posisi yang strategis tersebut diplot hanya untuk laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 15/07 Sri s
Uncontrolled Keywords: SEGREGATION; PATRIARCHY
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6350-6940.7 Trade unions. Labor unions. Workers' associations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Totok Akbar Sriyudianto, 070216775UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEmy Susanti, Dr., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 14 Jun 2007 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 20:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17794
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item