COMMUNITY SEBAGAI LANGKAH ASEAN UNTUK BERINTEGRASI

Suska Ayu Kurnia, 070317106 (2007) COMMUNITY SEBAGAI LANGKAH ASEAN UNTUK BERINTEGRASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
24.pdf

Download (166kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-kurniasusk-5551-fishi4-c.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian studi pustaka ini mencoba menjelaskan mengapa ASEAN menggunakan kerangka ASEAN Community sebagai jalan untuk beirtegrasi. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini didasarkan pada beberapa upaya integrasi ASEAN sebelumnya yang relatif kurang berhasil seperti PTA (Prefential Trading Agreement) ditahun 1976 hingga AFTA (Asean Free Trade Area) yang tercetus tahun 1992 karena minimnya volume transaksi diantara anggotanya. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatif dengan berdasar peringkat analisis kelompok negara bangsa dan sistem internasional. Unit analisis (variabel dependen) adalah keputusan ASEAN yang menggunakan jalan community untuk mencapai integrasinya. Sedangkan unit eksplanasi (variabel independen) adalah alasan ASEAN menggunakan jalan community tersebut terkait faktor internal dan eksternalnya. Sejumlah teori digunakan dalam menyusun kerangka pemikiran diantaranya : teori integrasi yang memfokuskan pada teori integrasi liberal ekonomi dan teori integrasi komunitas; serta analisis terhadap pengaruh eksternal. Penulis juga melakukan konseptualisasi yang meliputi : komunitas, kapabilitas, dan pengaruh eksternal. Berdasarkan data-data dan analisis, diperoleh kesimpulan bahwa ASEAN menggunakan kerangka ASEAN Community karena diantaranya dua alasan yaitu : pertama, kurangnya modalitas ASEAN. Kedua, respon ASEAN terhadap perkembangan eksternal. Kurangnya modalitas internal tersebut membuat ASEAN menemui kegagalan pada usaha ASEAN-PTA dan AFTA. Sementara ASEAN harus segera melanjutkan usaha integrasinya karena fenomena dalam lingkungan eksternal yang berkembang semakin kuat. Seperti kebangkitan ekonomi Cina dan India, pertumbuhan regionalisme Asia Timur, dan perkembangan serta tren perdagangan bebas dalam tingkat antar region. Oleh karenanya ASEAN memilih kerangka komunitas sebagai jalan untuk menghadapi keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 40/07 Kur c
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS; INTEGRATION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
Suska Ayu Kurnia, 070317106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMoch. Yunus, SiPUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 03 Dec 2007 12:00
Last Modified: 07 Aug 2017 22:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17802
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item