PENGARUH THE COMPACT OF FREE ASSOCIATON (COFA) DALAM PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN REPUBLIK PALAU PADA TAHUN 2000-2001

Bagus Satria Wiguna, 070216716 (2007) PENGARUH THE COMPACT OF FREE ASSOCIATON (COFA) DALAM PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN REPUBLIK PALAU PADA TAHUN 2000-2001. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
27.pdf

Download (171kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-wigunabagu-5554-fishi4-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setelah meraih kemerdekaan pada tanggal 1 Oktober 1994, Republik Palau mencoba langkah-langkah baru terutama dalam hal menjalin hubungan dengan negara – negara lain. Amerika Serikat sebagai wali yang ditunjuk oleh PBB untuk negara – negara PAsifik, mencoba menawarkan satu paket kesepakatan yang meliputi kerjasama dalam hal ekonomi, pemerintahan, pertahanan, dan keamanan, serta dalam hal pelestarian lingkungan hidup. The Compact Of Free Association (COFA), terwujud setelah beberapa kali mengalami referendum dalam pengambilan kesepakatan dari Warga Negara Palau. Dengan terlaksananya COFA di Palau, terjadi peningkatan dalam beberapa hal antara lain dalam hal perbaikan infrastruktur, peningkatan jumlah kesempatan kerja, peningkatan jumlah pendapatan nasional, dan hal-hal lain yang saling berkaitan. Ketika sebuah negara bergabung dan menerima tawaran untuk melaksanakan COFA dengan Amerika Serikat, maka negara yang bersangkutan dituntut untuk saling terbuka mengenai hubungan internasional. Denga terjalinnya kerjasama antara Palau dengan Amerika Serikat pada tahun 2000, terapat lebih dan 50 (lima puluh) proyek konstruksi pada tingkat nasional. Peningkatan pelayanan infrastruktur akan memacu pertumbuhan ekonomi secara umum, terutama di sektor jasa. Dengan selesainya proyek pembangunan Compact Road akan membuat banyak lokasi sejarah dan budaya serta daerah komersial lainnya dapat diakses lebih mudah. Sehingga, terdapat kemungkinan bagi sektor pariwisata dan sektor swasta lainnya dapat tumbuh lebih baik. Seperti halnya penginapan, transportasi, komunikasi, dan utilitas umum lainnya yang diperluas dengan tujuan untuk membantu pertumbuhan sektor pariwisata, dan juga dapat berdampak pada sektor-sektor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 47/07 Wig p
Uncontrolled Keywords: DEVELOPMENT ECONOMICS; INVESTMENT, FOREIGN
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Bagus Satria Wiguna, 070216716UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAjar Triharso, MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 03 Dec 2007 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 22:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17805
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item