BIROKRASI LOKAL : Studi Deskriptif Pasca Pelaksanaan PP. No. 812003 di Kabupaten Jombang

Tri Hendra Wahyudi, 070016298 (2007) BIROKRASI LOKAL : Studi Deskriptif Pasca Pelaksanaan PP. No. 812003 di Kabupaten Jombang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRCT)
28.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-wahyuditri-5670-fisp14-b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian tentang restrukturisasi birokrasi yang terjadi di Kabupaten jombang, pasca penerapan PP No. 8/2003 yang berisi tentang Pedoman Organisasi Pemerintahan Daerah. Akibat penerapan PP tersebut, terjadi pemekaran di dalam struktur birokrasi di Kabupaten Jombang. Maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil dari restrukturisasi ini, berkaitan dengan perubahan-perubahan struktural yang ada beserta permasalahan-permasalahan kelembagaan yang kemudian muncul akibat perubahan struktur tersebut. Pemekaran struktur birokrasi berdampak pada tumpang tindihnya tugas dan fungsi masing-masing lembaga di Pemkab Jombang. Dari permasalahan kelembagaan itu memunculkan konflik kepentingan antar lembaga internal birokrasi di Pemkab Jombang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, sedangkan tekhnik penelusuran data adalah kualitatif, dimana data diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa narasumber di kabupaten Jombang dan data-data sekunder untuk memperkuat hasil wawancara. Dari data-data yang diperoleh tersebut, penulis melakukan analisis berdasarkan konsep-konsep birokrasi Osborne dan Gaebler, David Beetham serta teori konflik Dahrendorf. Dari konsep dan teori di atas, ditemukan berbagai permasalahan struktural setelah adanya pemekaran birokrasi di Kabupaten Jombang. Besarnya struktur birokrasi yang ada menyebabkan munculnya tumpang tindih tugas dan fungsi antar lembaga pemerintahan. Keputusan Pemerintah daerah Jombang untuk tetap mempertahankan struktur yang ada saat ini menyebabkan tumpang tindih tugas dan fungsi di atas tetap berlangsung, hal ini menimbulkan konflik internal di dalam struktur birokrasi di Kabupaen Jombang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P. 14/07 Wah b
Uncontrolled Keywords: BUREAUCRACY; CONFLICT OF INTERESTS
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1468-1550 Social laws and legislation. Welfare. Charities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Tri Hendra Wahyudi, 070016298UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWisnu Pramutanto, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 19 Dec 2007 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 23:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17806
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item