PERILAKU MEMILIH WARGA MOJOKERTO DALAM PILKADA DI KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN 2005 : Studi Eksplanasi Kemenangan Pasangan Ahmady - Suwandi

Faza Dhora Nailufar, 070317132 (2007) PERILAKU MEMILIH WARGA MOJOKERTO DALAM PILKADA DI KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN 2005 : Studi Eksplanasi Kemenangan Pasangan Ahmady - Suwandi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-nailufarfa-5677-kkbkk-2-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-nailufarfa-5677-fisp19-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingginya perolehan suara yang dikantongi oleh pasangan calon incumbent Bupati Mojokerto yakni pasangan Ahmady-Suwandi pada Pilkadal Kabupaten Mojokerto bulan Juni tahun 2005 kemarin membuat peneliti tertarik untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap tingginya perolehan suara pasangan tersebut. Salah satu faktor yang diduga kuat mempengaruhi pilihan politik pemilih pada saat Pilkadal sehingga menyebabkan kemenangan pasangan tersebut adalah karena salah satu calon berasal dari pejabat yang notabene sudah pernah dirasakan kualitas kinerjanya oleh masyarakat, dan pada penelitian ini asumsi tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hubungan yang signifikan antara evaluasi pemilih terhadap kinerja bupati incumbent dan kualitas incumbent terhadap pilihan politik pemilih pada saat Pilkadal. Selain itu, faktor identifikasi partai politik responden pada PEMILU tahun 2004 juga ditemukan pengaruhnya terhadap pilihan politik pemilih pada Pilkadal pada penelitian ini. Namun, karakteristik sosial dan ekonomi responden yang pada penelitian-penelitian terdahulu dianggap mempunyai hubungan yang signifikan terhadap pilihan politik pada saat Pilkadal, justru tidak ditemukan hubungannya pada penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Mojokerto merupakan masyarakat yang tergolong sudah modern yang sudah menggunakan pertimbangan-pertimbangan rasional dalam menentukan pilihan politiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P. 19/07 Nai p
Uncontrolled Keywords: LOCAL ELECTIONS
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Faza Dhora Nailufar, 070317132UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuhammad Asfar, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 19 Dec 2007 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 18:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17811
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item