TATA RIAS PENGANTIN PEGON (Studi Deskriptif Hasil Akulturasi Budaya di Surabaya)

Dewie Novieana, 070317042 (2008) TATA RIAS PENGANTIN PEGON (Studi Deskriptif Hasil Akulturasi Budaya di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
33.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-novieanade-6952-fisant-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkawinan sebagai bagian dari salah satu siklus kehidupan manusia memiliki makna tersendiri bagi yang menyelenggarakannya. Seseorang tidak segan-segan mengeluarkan banyak biaya untuk menyelenggarakan suatu pesta perkawinan. Di Indonesia terdapat bermacam-macam upacara adat dalam perkawinan. Misalnya upacara adat pengantin gaya Surakarta, Yogyakarta, Sunda, Madura, Bali, dan sebagainya. Penelitian yang dilakukan ini berjudul Tata Rias Pengantin Pegon. Pengantin Pegon merupakan upacara adat perkawinan yang ada di Surabaya. Dalam upacara adat pengantin Pegon terdapat percampuran budaya dari Jawa, Arab, Cina, dan Belanda. Meskipun terdapat percampuran budaya, namun unsur budaya aslinya masih nampak. Hal ini dapat dilihat dari prosesi temu pengantin yang disebut dengan loro pangkon. Pengantin Pegon sebagai salah satu wujud budaya memiliki simbol-simbol yang memiliki makna tersendiri. Pada penulisan skripsi ini selain menjelaskan bentuk-bentuk akulturasi yang terjadi dalam upacara adat pengantin Pegon, juga mendeskripsikan dan menjelaskan tentang tahapan-tahapan yang ada dalam upacara adat pengantin Pegon beserta makna simbolik yang terdapat di dalamnya. Untuk memahami fenomena yang terjadi pada pengantin Pegon, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sesuai dengan judul yang telah dibuat, maka lokasi penelitian adalah di Surabaya. Dalam pelaksanaannya, penelitian dilakukan pada suatu organisasi perias pengantin di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional, yaitu Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 11/08 Nov t
Uncontrolled Keywords: MARRIAGE; JAVANESE ART, ANTHROPOLOGY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ1001-1006 The state and marriage
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Dewie Novieana, 070317042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjoko Adi Prasetyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 16 May 2008 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 20:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17817
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item