KOMPLEKSITAS KONFLIK INDIA DAN PAKISTAN DALAM SENGKETA PEREBUTAN WILAYAH KASHMIR

MUHAMMAD CHARIS FADLULLAH, 070710417 (2011) KOMPLEKSITAS KONFLIK INDIA DAN PAKISTAN DALAM SENGKETA PEREBUTAN WILAYAH KASHMIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-fadlullahm-22669-abstrak-k.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-fadlullahm-19593-hi65-11-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada bulan Mei 1998, India melakukan uji coba nuklirnya yang kemudian diikuti dengan uji coba yang sama oleh Pakistan pada Juni 1998. Terjadinya uji coba nuklir tersebut, tidak terlepas dan konflik yang berkepanjangan antara India dan Pakistan, sejak pembagian kedua negara tersebut sehingga menjadi dua negara merdeka pada tahun 1947. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab masalah Kashmir yang sulit untuk diselesaikan meskipun kedua negara telah terlibat beberapa kali peperangan. Kerangka pemikiran yang digunakan untuk menelaah konflik ini adalah pemikiran yang diberikan oleh K.J. Holsti yang berkaitan dengan konflik dan pemikiran Holsti mengenai deterrence untuk menjelaskan fenomena perlombaan senjata dan nuklir ini merupakan suatu perwujudan penggentaran dari masing-masing pihak terhadap lawan, dalam upayanya untuk menghindari serangan nuklir lawan. Berbagai upaya penyelesaian telah dilakukan namun sangat sulit mencari penyelesaian konflik karena begitu kompleksnya permasalahan. Faktor perlombaan senjata yang membawa kedua negara kedalam situasi dilema keamanan yang merupakan efek perang dingin dan sesudahnya, ditambah dengan beberapa kelompok di Kashmir yang ingin kemerdekaan maupun yang ingin berintegrasi dengan Pakistan. Meskipun demikian, upaya penyelesaian secara damai masih terus diusahakan oleh kedua negara meskipun tak jarang terjadi ketegangan diantara kedua negara yang masih berseteru ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK-2 KKB Fis HI 65/ 11 Fad k
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ6385-6405 The armed conflict. War and order
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD CHARIS FADLULLAH, 070710417UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Lilik Salamah, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 15 Mar 2012 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 17:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17825
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item