ZIARAH MAKAM WALI (STUDI DESKRIPTIF TINDAKAN SOSIAL MASYARAKAT MUSLIM YANG BERZIARAH KE MAKAM SUNAN AMPEL SURABAYA)

Trisna Rahardi Issa, 070914005 (2012) ZIARAH MAKAM WALI (STUDI DESKRIPTIF TINDAKAN SOSIAL MASYARAKAT MUSLIM YANG BERZIARAH KE MAKAM SUNAN AMPEL SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-issatrisna-31333-7.-abstr-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul ZIARAH MAKAM WALI (Studi Deskriptif Tindakan Sosial Masyarakat Muslim Yang Berziarah Ke Makam Sunan Ampel Surabaya), yang mana secara khusus mengkaji tentang tindakan sosial yang dilakukan masyarakat muslim, hal-hal yang mereka lakukan saat berziarah di makam Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini juga bertujuan untuk menyingkap sebuah tindakan sosial masyarakat muslim yang dalam kegiatannya tidak sesuai dengan adab ziarah dalam hukum Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian secara kualitatif deskriptif, penentuan subyek dengan pendekatan purposive yaitu para masyarakat muslim yang berziarah ke makam Sunan Ampel Surabaya. Sedangkan untuk menjawab fokus penelitian kali ini dengan menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber, sebuah teori yang terdiri dari empat penilaian atau kajian, tindakan sosial berdasar rasional instrumental dengan menggunakan cara atau alat tertentu untuk mencapai tujuan yang diharapkan, tindakan sosial berorientasi nilai dengan harapan akan ada nilai tertentu yang dapat diperoleh saat berziarah ke makam Sunan Ampel, tindakan sosial afektif yang merupakan tindakan berziarah ke makam Sunan Ampel dapatkah memberikan ketenangan dan kedamaian bagi masyarakat muslim yang berziarah terkait dengan emosi dan perasaannya, serta tindakan sosial tradisional yang dikaitkan dengan bahwa berziarah ini merupakan tradisi atau pernah dilakukan oleh orang tua terdahulu, sehingga juga dilakukan oleh generasi penerusnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tindakan sosial peziarah muslim yang datang ke makam Sunan Ampel Surabaya memiliki empat orientasi, peziarah / informan BI, MA, dan MF yang berorientasi pada tujuan dan nilai, dalam hal ini tujuan dan nilai mereka adalah untuk memperoleh kesembuhan, pekerjaan, dan sebuah permintaan pribadi / khusus. Informan BN yang lebih pada motivasi secara emosional, menenangkan diri. Sedangkan BG dan IP lebih kepada sebuah tradisi, ziarah yang dilakukan tidak lebih dari sekedar ziarah biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.36/13 Iss z
Uncontrolled Keywords: RILIGIOUS; SUNAN AMPEL, DEUTIONAL OBJECTS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Trisna Rahardi Issa, 070914005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDrs. Herwanto, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 18 Oct 2013 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 17:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item