KONSTRUKSI SOSIAL ASI EKSKLUSIF BAGI WANITA KARIR di KOTA SURABAYA

Rosyanti Mutiaraningtyas, 070914010 (2013) KONSTRUKSI SOSIAL ASI EKSKLUSIF BAGI WANITA KARIR di KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-mutiaranin-31332-7.-abstr-k.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Konstruksi Sosial ASI Eksklusif Bagi Wanita Karier bertujuan untuk mengetahui konstruksi yang disampaikan oleh seorang wanita karier mengenai ASI eksklusif. Mulai dari pengertian ASI eksklusif, paham atau tidak mengenai pentingnya ASI hingga bagaimana cara memberikan ASI. Ditunjang dengan pertanyaan pendukung mengenai susu formula mengingat wanita karier sendiri selain memberikan ASI juga susu formula. Peneliti mengganggap penting karena proses pemberian ASI bagi wanita karier tentu berbeda dengan ibu rumah tangga pada umumnya, juga langkah apa saja yang menjadi hambatan atau pendukung dalam mengambil keputusan untuk memberikan ASI baik dari diri sendiri maupun orang sekitar seperti suami, orang tua juga mertua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan lima informan wanita karier yang diambil melalui teknik purposive dimana peneliti memilih informan yang telah menikah, memiliki anak, memberikan ASI walaupun tidak eksklusif dan susu formula atau makanan pendamping lainnya ketika bayi berusia 0-6 bulan, menghabiskan masa cuti kerja untuk proses melahirkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keinginan untuk ASI eksklusif tidak ditunjang dengan produksi ASI yang maksimal dan alasan utamanya adalah keterbatasan waktu karena pekerjaan sehingga tidak memungkinkan untuk memberikan ASI secara langsung atau dengan cara pompa ASI serta ketiadaan dukungan penuh dari keluarga untuk memberikan ASI eksklusif. Kerepotan jika harus memompa ASI ketika bekerja, jarak yang terlampau jauh antara tempat bekerja dan rumah, harus mengkonsumsi makanan yang berserat serta dukungan yang hanya datang dari suami menjadikan ASI eksklusif adalah hal yang sulit dilakukan bagi wanita karier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S. 37 / 13 Mut k
Uncontrolled Keywords: BREAST FEEDING
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rosyanti Mutiaraningtyas, 070914010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDrs. Sudarso, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 18 Oct 2013 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item