PEMAKNAAN PAKAIAN MINIM BAGI SISWI DI SMA ISLAM SURABAYA Studi Tentang Makna Pakaian minim bagi siswi pemakainya di SMA Muhammadiyyah 2 Surabaya

TA'WIL HANIFADIYATNA, 070810382 (2013) PEMAKNAAN PAKAIAN MINIM BAGI SISWI DI SMA ISLAM SURABAYA Studi Tentang Makna Pakaian minim bagi siswi pemakainya di SMA Muhammadiyyah 2 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-hanifadiya-31329-7.-abstr-k.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini di tunjukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan berbusana yang terjadi di Indonesia belakangan ini. Terutama perkembangan busana dalam busana minim yang dipakai oleh hampir semua kalangan perempuan di dunia. Disini saya ingin meneliti perkembangan busana minim yang di gunakan oleh para perempuan yang mengetahui tentang adab atau tata cara berbusana yang baik dan benar menurut agama islam namun masih tetap memakai pakaian yang minim dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini di khususkan kepada para siswi SMA di sekolah yang berbasis agama Islam, salah satunya di SMA Muhammadiyah II Surabaya. Perkembangan yang sangat pesat disebabkan oleh globalisasi khususnya dalam berbusana. Globalisasi merupakan sebuah proses menuju sistem kehidupan yang lebih global, terbuka secara luas dalam berbagai ospek dan segi kehidupan manusia, baik di bidang ekonomi, sosial budaya, teknologi dan sebagainya. Globalisasi merupakan ruang keterbukaan yang berdampak pada semakin luar dan bebasnya akses sebuah negara ke negara lainnya. Penelitian ini hendak mengkaji pemaknaan siswi SMA islam dalam mengenakan pakaian minim dengan menggunakan teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Seperti dari eksternalisasi, obyektivasi, dan Internalisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dari ketiga pemaknaan masing-masing informan tersebut peneliti mendapat kesimpulan bahwa siswi-siswi SMA Islam yang memakai pakaian minim mengaku bahwa memaknai pakaian minim adalah untuk mendapatkan kebebasan dalam melakukan aktifitasnya dan dapat mengkspresikan dirinya sendiri lalu sebagian siswi-siswi SMA islam yang memaknai pakaian minim adalah kebanggan tersendiri apabila memperlihatkan bagian tubuhnya yang dianggap terbaik dan bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S. 40 / 13 Han p
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
TA'WIL HANIFADIYATNA, 070810382UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDra. Udji Asiyah, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 18 Oct 2013 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 17:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17839
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item