POLA PEMANFAATAN BEASISWA DI KALANGAN MAHASISWA PENERIMANYA (Studi Deskriptif Tentang Status Ekonomi Sosial dan IP (Indeks Prestasi) Mahasiswa Penerimanya Terhadap Pola Pemanfaatan Beasiswa di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Airlangga, Surabaya)

Elzha Soraya E., 070914027 (2013) POLA PEMANFAATAN BEASISWA DI KALANGAN MAHASISWA PENERIMANYA (Studi Deskriptif Tentang Status Ekonomi Sosial dan IP (Indeks Prestasi) Mahasiswa Penerimanya Terhadap Pola Pemanfaatan Beasiswa di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Airlangga, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-elzhasoray-31322-6.-abstr-k.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mahalnya biaya pendidikan bagi sebagian masyarakat membuat pemerintah tergerak memberikan bantuan biaya pendidikan bagi yang membutuhkannya. Bantuan tersebut dikenal dengan istilah beasiswa. Beasiswa itu seharusnya bagi anak-anak dari status ekonomi sosial bawah namun pada kenyataannya beasiswa ini dapat diakses oleh semua mahasiswa dari berbagai status ekonomi sosial. Bukan hanya itu saja, seringkali pemanfaatan beasiswa tidak digunakan sesuai kebutuhan akademis. Penelitian ini bermaksud menjawab masalah yang berkaitan dengan status ekonomi sosial penerima beasiswa, pola pemanfaatan beasiswa, keterkaitan antara kondisi status ekonomi sosial keluarga dengan pola pemanfaatan beasiswa, dan hubungan IP (Indeks Prestasi) mahasiswa dengan pola pemanfaatan beasiswa. Untuk menjawab permasalahan menggunakan teori dari Pierre Bourdieu (modal budaya) yang berkaitan dengan sosiologi pendidikan, yang didukung pula dengan teori mengenai motivasi berprestasi dari Mc.Clelland dan Heckhausen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode penarikan sampel dengan teknik system random sampling. Penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Surabaya dengan sampel 62 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan, adalah wawancara terstruktur dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan, yaitu analisis univariat dan bivariat agar menghasilkan analisis yang lebih bervariasi. Hasil temuan menunjukkan penerima beasiswa bukan saja mahasiswa yang berasal dari status ekonomi sosial bawah, tetapi juga mahasiswa berstatus sosial ekonomi menengah ke atas. Penggunaan beasiswa kurang sesuai pemanfaatannya. Status ekonomi sosial keluarga mahasiswa juga berkaitan dengan pola pemanfaatan beasiswanya. Namun tinggi rendahnya IP (Indeks prestasi) yang dimiliki mahasiswa tidak ada kaitannya dengan pola pemanfaatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. S. 47 / 13 Elz p
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Elzha Soraya E., 070914027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDr. Dra. Tuti Budi Rahayu, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 18 Oct 2013 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 18:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17846
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item