PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DI KALANGAN PROFESIONAL (Studi Deskriptif terhadap Dosen Sejarah di Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Negeri Malang)

OVARINE IMTIHANA, 070810603 (2012) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DI KALANGAN PROFESIONAL (Studi Deskriptif terhadap Dosen Sejarah di Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Negeri Malang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-imtihanaov-27615-8.abstr-k.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai model penemuan informasi professional belum banyak dilaksanakan, pada umumnya yang sudah sering dilakukan adalah penelitian mengenai penemuan informasi mahasiswa. Untuk itu peneliti tertarik untuk mengambil tema mengenai model perilaku penemuan informasi professional. Professional yang diteliti adalah professional sejarawan yang berprofesi sebagai dosen Imu Sejarah di tiga Universitas Negeri di Jawa Timur diantaranya Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini akan membahas tentang model perilaku penemuan informasi di kalangan professional menurut Leckie J. Pettigrew (1996) yang menjelaskan enam komponen utama yaitu Peran kerja, Tugas-tugas yang mengiringi, Karakteristik kebutuhan informasi, Sumber-sumber Informasi, Kesadaran akan informasi, dan Hasil. Metode penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh dengan total sampel yang digunakan sebanyak 47 orang responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioer yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa peran dan tugas yang paling sering diemban oleh sejarawan adalah sebagai pendidik dan peneliti. Kebutuhan informasi sejarawan juga dipengaruhi oleh demografi individu, konteks, frekuensi, prediksi, kepentingan dan kompleksitas. Sumber informasi yang paling sering digunakan adalah buku terbitan dalam negeri, materi seminar, internet dan koleks perpustakaan pribadi. Kesadaran akan informasi dipengaruhi oleh variable kebiasaan dan keberhasilan; tingkat kepercayaan; kemasan; ketepatan waktu; biaya; kualitas dan kemudahan akses. Hasil akhir dilakukan proses seleksi untuk menghasilkan hasil yang optimal. Apabila hasilnya tidak optimal biasanya dilakukan proses feedback dengan cara mengulangi proses penemuan informasi dengan menggunakan sumber yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Fis. IIP 20/12 Imt p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; INFORMATION LITERACY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
OVARINE IMTIHANA, 070810603UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDessy Harisanty, S. Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 23 Oct 2013 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 19:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item