Perilaku Penggunaan Internet Oleh Anak (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penggunaan Internet Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Siswa Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Alam Insan Mulia Surabaya)

Adistio Wahyudi, 070810193 (2012) Perilaku Penggunaan Internet Oleh Anak (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penggunaan Internet Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Siswa Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Alam Insan Mulia Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-wahyudiadi-27616-10.abst-k.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS) merupakan sekolah yang telah mengimplementasikan penggunaan internet dalam beberapa pelajaran saat kegiatan belajar mengajar di kelas, sehingga siswa secara merata mengenal dan menggunakan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah gambaran perilaku siswa dalam menggunakan internet dan untuk mengetahui tingkat kecenderungan dan seberapa tepatnya pemanfaatan internet bagi siswa SD kelas 5 dan 6 SAIMS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 90 orang siswa dengan rincian jumlah siswa kelas 5A sebanyak 23 siswa, kelas 5B sebanyak 23 siswa, kelas 6A sebanyak 21 siswa kelas 6B sebanyak 22 siswa. Dari hasil temuan, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas 5 dan 6 Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS) cukup sering menggunakan internet dalam kesehariannya. Siswa kelas 5 dan 6 Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS) secara umum memiliki ciri-ciri Net Generation, karena dari 8 (delapan) indikator Net Generation dapat diketahui bahwa 7 (tujuh) indikator menunjukkan kecenderungan skor antara sedang hingga tinggi, sedangkan 1 (satu) indikator yaitu Integrity menunjukkan kecenderungan yang rendah hingga sedang. Siswa kelas 5 dan 6 Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS), dengan pendekatan Teori Kebutuhan Maslow, secara umum telah terpenuhi kebutuhannya, karena dari 5 (lima) indikator Kebutuhan Maslow dapat diketahui bahwa secara umum menunjukkan bahwa kebutuhan-kebutuhan tersebut telah terpenuhi. Para orang tua dan guru sebaiknya lebih mengawasi penggunaan internet oleh anak-anak siswa agar terhindar dari dampak negatif seperti kemalasan atau kemunduran prestasi, karena dari hasil temuan kebanyakan para siswa menggunakan internet untuk bermain game online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. IIP. 22/12 Wah p
Uncontrolled Keywords: PERFOMANCE STANDARD; INTERNET
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Adistio Wahyudi, 070810193UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDra.Tri Susantari, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 23 Oct 2013 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 19:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item