MAKNA NOVEL BAGI PEMBACA PEREMPUAN (Studi Kualitatif Tentang Pemaknaan Novel Dalam Kehidupan Sehari-hari Para Pembaca Perempuan)

HERNITA DES LAOREN, 070810598 (2012) MAKNA NOVEL BAGI PEMBACA PEREMPUAN (Studi Kualitatif Tentang Pemaknaan Novel Dalam Kehidupan Sehari-hari Para Pembaca Perempuan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-laorenhern-27632-7.abstr-k.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Makna Novel Bagi Pembaca Perempuan (Studi Kualitatif Tentang Pemaknaan Novel Dalam Kehidupan Sehari-hari Para Pembaca Perempuan) yang berisi tentang bagaimana pembaca perempuan memaknai novel yang sering mereka baca dalam kehidupan sehari-harinya. Novel sering dijadikan sarana hiburan bagi masyarakat yang senang membaca. Tetapi kenyataannya di masyarakat perempuan lebih banyak atau lebih sering membaca novel dibandingkan dengan laki-laki. Kegiatan membaca novel yang sering dilakukan oleh perempuan tentunya memiliki makna tersendiri bagi mereka. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui makna novel tersebut dalam kehidupan sehari-hari para pembaca perempuan dengan berfokus pada informasi seputar bagaimana pembaca perempuan mendapatkan novel, bagaimana mereka berproses dalam pemilihan bacaan dan keterkaitan novel dengan kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif mengenai kata-kata lisan maupun tertulis, dan tingkah laku yang dapat diamati dari orang-orang yang diteliti. Dalam penelitian ini mengutamakan pemikiran dan pandangan dari subjek penelitian terhadap kegiatan membaca novel. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan tujuan penelitian ini yakni mengetahui makna novel dalam kehidupan sehari-hari pembaca perempuan. Proses pengumpulan data menggunakan indepth interview, observasi dan studi pustaka. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pemaknaan novel pada pembaca perempuan berkembang sesuai dengan usianya yakni pertama pemaknaan novel pada masa anak-anak sebagai hiburan saja dan untuk memenuhi rasa penasaran mereka terhadap novel. Kemudian pemaknaan novel pada masa remaja adalah sebagai hiburan dan pelarian dari kehidupan sehari-hari informan selaku pembaca perempuan yang dirasa tidak seindah cerita romantis. Sedangkan kini, pemaknaan novel pada masa peralihan dari remaja menuju dewasa awal lebih kepada pencarian informasi yang bisa dijadikan masukan untuk pengembangan diri dan juga sebagai motivasi dan inspirasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan masa mendatang khususnya kehidupan sebagai seorang perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Fis. IIP. 24/12 Lao m
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN MASS MEDIA
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q181-183 Study and Teaching
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
HERNITA DES LAOREN, 070810598UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDra. Tri Soesantari, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Oct 2013 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item