PEMANFAATAN WAKTU LUANG PADA MASYARAKAT LAPISAN BAWAH ( Studi Kasus Tentang Perilaku Masyarakat Lapisan Bawah di Sekitar Tol Tambak Sumur, Kelurahan Tambak Sumur, Kabupaten Sidoarjo )

Swastika Dyah Pramesti, 071014051 (2013) PEMANFAATAN WAKTU LUANG PADA MASYARAKAT LAPISAN BAWAH ( Studi Kasus Tentang Perilaku Masyarakat Lapisan Bawah di Sekitar Tol Tambak Sumur, Kelurahan Tambak Sumur, Kabupaten Sidoarjo ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-pramestisw-29808-6.abstr-k.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Pemanfaatan Waktu Luang Masyarakat Lapisan Bawah, Studi Kasus Tentang Perilaku Pemanfaatan Waktu Luang Masyarakat Lapisan Bawah Di Sekitar Bawah Tol Tambak Sumur, Waru, Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masyarakat lapisan bawah yang berada di sekitar bawah tol Tambak Sumur memanfaatkan waktu luangnya. Peneliti menganggap penting karena fenomena yang ada pada sekelompok masyarakat lapisan bawah disini mereka cenderung menggunakan kebiasaan yang dimiliki oleh lapisan atas dengan cara bersantai atau yang biasanya disebut dengan leisure class. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yakni untuk memperoleh data yang dapat digunakan sebagai analisis dilakukan melalui wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara yang telah disusun sesuai dengan keperluan data yang diinginkan oleh peneliti. Peneliti memutuskan untuk mengambil lima informan dimana semuanya merupakan warga yang berdomisili di sekitar bawah tol tambak sumur atau yang secara administratif merupakan penduduk kelurahan tambak sumur. Dalam penggambilan informan ini menggunakan teknik purpovif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemanfaatan waktu luangnya, sekelompok masyarakat lapisan bawah ini cenderung menghabiskan waktu luangnya dengan cara bersantai di tempat – tempat yang mereka anggap sesuai dengan kondisi keuangan mereka dan juga sesuai dengan lingkungan tempat mereka biasa bergaul. Masyarakat lapisan bawah ini memilih menghabiskan waktu luangnya dengan bersantai, memiliki harapan untuk dapat mengurangi sedikit beban yang mereka rasakan baik yang berasal dari pekerjaan maupun dari keluarga. Dengan berkurangnya beban hidup yang dirasakan ini mereka bertujuan untuk dapat kembali lagi beraktivitas dengan lebih bersemangat sehingga dapat lebih produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. S. 02/14 Pra p
Uncontrolled Keywords: HUMAN BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Swastika Dyah Pramesti, 071014051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDrs. Doddy S. Singgih, MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 11 Feb 2014 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 19:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item