Perilaku Pemanfaatan Akun Twitter (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Pemanfaatan Akun Twitter @e100ss Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pengguna Jalan Raya di Kota Surabaya)

Annisa Ningrum Farahiyah, 070916078 (2013) Perilaku Pemanfaatan Akun Twitter (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Pemanfaatan Akun Twitter @e100ss Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pengguna Jalan Raya di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-farahiyaha-32332-6.abstr-k.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Akun @e100ss adalah akun Twitter resmi dari Radio Suara Surabaya Radio @e100ss yang merupakan jejaring sosial resmi Radio Suara Surabaya. Disamping itu, Twitter sendiri merupakan layanan micro-blogging dan jejaring social, dimana yang tidak hanya menjadi topik pembicaraan yang terbanyak di bahas, tetapi pengguna Twitter juga terus bertambah, dan Twitter pun menjadi standar baru dalam komunikasi yang tak lagi menekankan pada “what are you doing?” tetapi “what happenings?”sehingga Twitter akhirnya tidak hanya digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan yang hanya berisi kegiatan rutin sehari-hari. Twitter juga menjadi media penyebaran pesan, laporan, Informasiinformasi dan pengalaman yang luar biasa cepatnya. Salah satunya contohnya adalah fenomena serangan di India yang melukai banyak orang. Evolusi Twitter sangat menarik untuk dipantau karena momentum Twitter terus meningkat dan banyak dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas bahkan NASA pun menggunakan Twitter untuk memberikan informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku pemanfaatan akun Twitter @e100ss sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi pengguna jalan raya di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah followers Twitter @e100ss sebanyak 100 orang followers akun Twitter @e100ss di Surabaya. Teknik analisis data menggunakan tabulasi silang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : Kebutuhan kognitif, sebagian besar responden menunjukan pemanfaatan media akun Twitter @e100ss dengan ingin memperoleh informasi dan kondisi yang menyangkut daerah yang banjir dan jalan mana saja yang tidak bisa dilewati di akun Twitter @e100ss; Kebutuhan afektif, sebagian besar responden menunjukan pemanfaatan media akun Twitter @e100ss mendapatkan perasaan aman dan nyaman karena memperoleh informasi dan kondisi yang menyangkut kemacetan di jalan raya melalui Twitter @e100ss; Kebutuhan integrasi individu, sebagian besar responden menunjukkan adanya pemanfataan akun Twitter @e100ss untuk memenuhi kebutuhan ingin mengetahui informasi yang berkaitan dengan kondisi jalan raya agar tidak terlambat ke sekolah, kerja, atau tempat yang akan di tuju melalui akun Twitter @e100ss; Kebutuhan integrasi sosial, sebagian besar responden menunjukkan adanya pemanfataan akun Twitter @e100ss untuk memperluas hubungan sosial baik dengan keluarga, teman, sahabat, tetangga, dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Fis. IIP. 44/14 Far p
Uncontrolled Keywords: INTERNET; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Annisa Ningrum Farahiyah, 070916078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDra. Tri Soesantari, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 03 Jul 2014 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 19:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17857
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item