SIGNIFIKANSI IDENTITAS NASIONAL DALAM GLOBALISASI: STUDI KASUS OLAHRAGA OTOMOTIF GLOBAL

REZA NOORMANSYAH, 071012056 (2014) SIGNIFIKANSI IDENTITAS NASIONAL DALAM GLOBALISASI: STUDI KASUS OLAHRAGA OTOMOTIF GLOBAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-noormansya-34178-11.abst-k.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Identitas adalah salah satu topik mengemuka dalam debat globalisasi. Globalisasi menempatkan dunia pada tatanan yang seakan tidak terbatas dengan dampak kultural cenderung berupa pengaburan identitas. Kemajuan teknologi, akses luas telekomunikasi, kemudahan mobilitas, peran finansial global, dan aspek teritori yang semakin borderless berkontribusi menjadikan dunia yang serba modern dan terintegrasi. Global motorsport atau olahraga otomotif global merupakan salah satu elemen dalam globalisasi yang merefleksikan kemajuan dan modernitas dalam globalisasi. Di olahraga otomotif global terdapat penanda-penanda umum globalisasi di antaranya peran media global, kecanggihan teknologi mesin dan kendaraan, persaingan yang kompetitif, diadakan di berbagai negara di berbagai penjuru dunia, para aktor lintas negara, dan peran aspek finansial yang krusial. Namun terdapat anomali ketika bahasan identitas disinggung dalam globalisasi a la olahraga otomotif global. Ketika identitas diasumsikan kabur dalam tatanan yang sarat globalisasi, fenomena yang terdapat dalam olahraga otomotif global justru memperlihatkan bahwa distingsi identitas memperoleh tempat untuk turut terekspos. Desain visual pembalap dan tim yang berkonsep bendera nasional; selebrasi hasil balapan dengan pengibaran bendera nasional; dan sponsor yang ikut membawa nama negara merupakan beberapa implementasi identitas nasional yang dapat diamati di gelaran olahraga otomotif global seperti F1 dan MotoGP. Asumsi pengaburan identitas yang terpatahkan di global motorsport dianalisis melalui pendekatan sponsor olahraga dalam global sport sponsorship (GSS) dan konsep nasionalisme berdampingan di dunia olahraga dalam sporting nationalism. Penelitian ini membahas globalisasi sebagai pendekatan sekaligus instrumen strategis dalam penyampaian pesan-pesan identitas nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2. Fis. HI. 43-14 Noo s
Uncontrolled Keywords: GLOBALISASI; SPORTING NASIONALISM
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
REZA NOORMANSYAH, 071012056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDrs. Vinsensio M.A. Dugis, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 05 Dec 2014 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 21:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17863
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item