INTERNASIONALISASI KONFLIK ETNIS DARFUR TAHUN 2003-2013

DIKARA MAITRI PRADIPTA ALKARISYA, 071012110 (2014) INTERNASIONALISASI KONFLIK ETNIS DARFUR TAHUN 2003-2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-alkarisyad-34189-10.abst-k.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
24.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang internasionalisasi konflik etnis Darfur yang kembali terjadi pada tahun 2003 hingga 2013. Internasionalisasi merupakan sebuah proses dari perubahan konflik etnis yang semakin meluas cakupan dan aktornya. Dengan bertambahnya jumlah aktor dan cakupan yang semakin meluas, maka fokus penelitian ini adalah mengapa konflik etnis Darfur yang berskala domestik dapat menjadi konflik yang berskala internasional. Beberapa indikator untuk melihat apakah konflik etnis tersebut terjadi internasionalisasi adalah adanya difusi, eskalasi, dan adanya intervensi baik dari PBB dan beberapa negara yang memiliki kepentingan di Darfur seperti Libya dan Cina. Terjadinya difusi dapat disebabkan karena adanya laju pengungsi di Chad dan ikatan etnis. Kemudian indikator kedua adalah eskalasi yang terjadi bersamaan dengan difusi. Sementara itu, melihat skala konflik yang kian meluas, PBB akhirnya membentuk United Nations Mission in Darfur (UNAMID) sebagai misi penjaga perdamaian. Kehadiran Cina dan Libya pun memberikan perubahan domestik Sudan dalam konflik Darfur. Libya membawa kepentingan nasionalnya karena adanya keinginan membentuk Arab Legion. Sementara itu, Cina menginginkan minyak di Sudan sekaligus membantu Sudan dalam memberikan pasokan senjata yang digunakan untuk menyerang warga Darfur. Sehingga lewat penelitian terhadap uji indikator tersebut, penulis sepakat bahwa konflik Darfur telah menjadi konflik yang sudah memasuki skala internasional. Penelitian ini menghasilkan bahwa konflik etnis Darfur bukan lagi konflik berskala domestik, melainkan berskala internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2. Fis. HI. 52-14 Alk i
Uncontrolled Keywords: ETHNIC; CONFLICT
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ6385-6405 The armed conflict. War and order
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIKARA MAITRI PRADIPTA ALKARISYA, 071012110UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Muttaqien, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 08 Dec 2014 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 22:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item