IDENTITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN KOPI LUWAK WHITE KOFFIE

MIRA AMELIA, 071115088 (2014) IDENTITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN KOPI LUWAK WHITE KOFFIE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2015-ameliamira-35818-7.abstr-k.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MIRA AMELIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada identitas perempuan dalam iklan kopi Luwak White Koffie versi Kopi Nikmat Tidak Bikin Kembung, dan versi Maudy Koesnaedi. Penelitian ini menggunakan iklan kopi sebagai objeknya, karena kopi merupakan produk yang identik dengan laki-laki. Terkait dengan iklan kopi, lakilaki ditampilkan sebagai penikmat kopi dan perempuan ditampilkan sedang membuat kopi atau menemani laki-laki minum kopi yang menempatkannya pada fungsi domestik. Penelitian ini menjadi menarik, ketika pembuat iklan dan produsen kopi Luwak White Koffie tidak lagi menampilkan perempuan berada dalam fungsi domestik dalam iklannya, tetapi perempuan disini ditampilkan sebagai penikmat kopi. Dengan menggunakan tipe penelitian eksploratif dan metode analisis semiotik Roland Barthes, peneliti mengeksplorasi bagaimana identitas perempuan direpresentasikan melalui penanda dan petanda yang digunakan dalam iklan kopi tersebut. Peneliti menggunakan kajian mengenai identitas karena melalui identitas itulah, peneliti dapat melihat ideologi dan mitos. Peneliti menggunakan identitas gender, kontruksi tubuh dan kelas sosial dalam menganalisis iklan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penanda identitas perempuan direpresentasikan oleh perempuan berkulit putih, kelas menengah, dan memiliki peran publik disamping peran domestik dengan sosok feminin. Hal tersebut dapat mengimplikasikan bahwa perempuan dalam meminum kopi tidak lepas dari berkuasanya ideologi kapitalisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 03-15 Ame i
Uncontrolled Keywords: GENDER; MASCULINITY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
MIRA AMELIA, 071115088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med KomUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 20 Feb 2015 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 21:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17876
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item