GAME ONLINE SEBAGAI POLA PERILAKU (Studi Deskriptif Tentang Interaksi Sosial Gamers Clash Of Clans Pada Clan INDO SPIRIT)

SYAHRUL PERDANA KUSUMAWARDANI, 070710086 (2014) GAME ONLINE SEBAGAI POLA PERILAKU (Studi Deskriptif Tentang Interaksi Sosial Gamers Clash Of Clans Pada Clan INDO SPIRIT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-kusumaward-36954-9.ABSTRAK.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-kusumaward-36954-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Clash of Clans merupakan salah satu permainan yang saat ini popular dikalangan para pecinta gadget. Clan INDO SPIRIT merupakan bagian dari permainan Clash of Clans, yang mana dalam pembentukan clan ini, Ciesy Bima sebagai orang yang mendirikan clan INDO SPIRIT merasa tidak nyaman dengan clan sebelumnya. Dengan berdirinya clan INDO SPIRIT ini, Ciesy Bima berharap dapat membuat clan yang solid dan saling percaya antar anggotanya, sehingga pemilihan anggota dari teman terdekat dapat menigkatkan kepercayaan antar anggota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi dan wawancara. Peneliti melakukan analisa dengan menggunakan metode analisis kualitatif yang membahas tentang interaksi sosial gamers Clash of Clans pada clan INDO SPIRIT. Berdasarkan penelitian ini akhirnya dapat diketahui bagaimana interaksi sosial yang ada diantara anggota clan INDO SPIRIT. Pola perilaku yang timbul dari para pemain game Clash of Clans pada clan INDO SPIRIT adalah terjadinya perubahan gaya hidup. Penggunaan waktu untuk bermain game online dengan tidak mengenal waktu bahkan tempat dan hal tersebut dilakukan secara terus-menerus dan berulang. Sedangkan dalam hubungan antar anggota, proses kontak sosial atau yang bisa disebut dengan interaksi sosial memiliki dua jenis interaksi. Pertama interaksi bersifat asosiatif yang mana interaksi yang dilakukan pemain Clash of Clans pada kesatuan antar individu atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Kedua interaksi bersifat disosiatif yang menghasilkan hubungan sosial dalam bentuk persaingan (competion), kontravesi (contravention), dan pertikaian (conflict).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. Ant. 11-15 Kus g
Uncontrolled Keywords: SOCIAL INTERACTION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
SYAHRUL PERDANA KUSUMAWARDANI, 070710086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Apr 2015 12:00
Last Modified: 22 Jul 2016 03:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17901
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item