Kualilas Layanan Digital Library UIN Maliki (Studi DeskriptifTentang Kualitas Layanan Digital Library pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)

ANUGRAH RIZKI RUMANIATI, 071016078 (2014) Kualilas Layanan Digital Library UIN Maliki (Studi DeskriptifTentang Kualitas Layanan Digital Library pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-rumaniatia-ABSTRAK.pdf

Download (658kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan perpustakaan digital (digital library) sudah banyak dilakukan pada perpustakaan perguruan tinggi. Hal ini dila1rukan daIam rangka memberikan kemudahan pengguna perpustakaan untuk mengakses infonnasi dengan mudah. Begitu pula dengan perpustakaan DIN Maliki yang juga memberikan Iayanan digital library palla pengguna untuk memudahk:an pencarian informasi oleh pengguna. Untuk memberikan pelayanan yang baik k:epada pengguna maka Jrualitas yang ada palla layanan digital library juga har:us ditingkatkan. KuaJitas layanan digital library yang disajikan harns dapat mempennudah pengguna dalam melakukan pencarian informasinya. Dengan memberikan kua1itas layanan yang baik maka penggunaan digital library juga akan meningkatkan Uses penggunaannya oleh pengguna. Dalam penelitian ini peneliti melakukan peneJitian kuantitatif deskriptif dengan metode swvei. PopuJasi penelitian ini adaIah user atau pengguna Iayanan digital library perpustakaan UIN Maliki Malang. Da1am penelitian ini metode pengambiJan sample yang dig.makan ada1ah non random sampling, dengan menggunakan purposive sample. Kriterianya ada1ah pengguna yang sudah mengakses digital library) UIN Maliki MaIang Tujuan dalam penelitian ini adaIah untuk mengetahui kuaJitas Iayanan digital library palla perpustakaan DIN Maliki. Da1am penelitian ini menggunakan 100ri utama yaitu E-Service Quality dan Jesicca Santos. Dalam 100ri e-service quality ada 2 dimensi untuk mengulcur kuaJitas layanan online yaitu dimensi inkubatif dan dimensi aktif. Dalam dimensi inkubatif terdiri dan kem1ldahan penggunaan (ease o!use), penampilan (appearance), link yang ada (linkage), struktur dan tata letak (structure and layout), dan konten (content). Dimensi aktif terdiri dari keandalan, efisiensi, dukungan, komunikasi, dan keamanan. Dari kedua dimensi dapat diketahui bahwa palla dimensi inkubatif penilaian yang paling mengedapan atau menonjol ada1ah penilaian terhadap linkage dan palla dimensi aktif yang paling mengedapan atau menonjol adaJah penilaian komunikasi. Dapat disimpulkan bahwa penilaian kepuasan pengguna palla layan open acces sudah memenuhi kepuasan pengguna 600'" lebih tinggi dan penilaian kategori kurang puas sebesar 40 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. IIP. 49-14 Rum k (FULLTEXT tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: DIGITAL LIBRARY; LIBRARY SERVICE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANUGRAH RIZKI RUMANIATI, 071016078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Gunarti, Dra.. M.LkomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Apr 2015 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 10:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17902
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item