IMPOR SPENT NUCLEAR FUEL RUSIA PADA MASA PEMERINTAHAN VLADIMIR PUTIN

DINA LESTARI, 070016194 (2006) IMPOR SPENT NUCLEAR FUEL RUSIA PADA MASA PEMERINTAHAN VLADIMIR PUTIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
77.6.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-lestaridin-1275-fishi2-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas tema impor spent nuclear fuel Rusia, dengan mengambil judul Impor Spent Nuclear Fuel Rusia Pada Masa Pemerintahan Vladimir Putin. Penelitian ini mengajukan rumusan masalah "Mengapa Pemerintahan Presiden Vladimir Putin mengeluarkan kebijakan mengimpor Spent Nuclear Fuel (SNF) ke negaranya padahal kebijakan ini telah menuai kritik dan berbagai pihak?." Untuk menjawab pertanyaan ini, penulis menggunakan kerangka konsep dan teori: Kepentingan Nasional, National Power, dan Strategi. Hipotesis yang diuji adalah: kebijakan Rusia untuk mengimpor SNF merupakan pilihan rasional mengingat kondisi perekonomian dan pertahanan Rusia yang masih lemah dibandingkan ketika Uni Soviet masih berjaya. Kebijakan ini tidak lepas dari kepentingan nasional yang bertujuan sebagai berikut: Rusia ingin memperkuat diri karena takut adanya ancaman pemberontakan dari negara-negara bekas Uni Soviet yang telah melepaskan diri dan merdeka. Rusia berusaha untuk memperkuat posisi dan menunjukkan eksistensinya di dunia internasional untuk mencegah potensi ancaman asing. Setelah melakukan studi kepustakaan, maka data-data yang terkumpul menunjukkan bahwa kebijakan untuk mengimpor SNF dilakukan oleh Rusia untuk meningkatkan power-nya terhadap negara-negara CIS, karena tingkat ketergantungan mereka terhadap Rusia dalam hal teknologi nuklir akan meningkat. Dalam bidang ekonomi, Rusia akan mendapatkan dana yang dapat digunakan untuk dana pengembangan dan pembangunan ekonomi Rusia. Selain itu, Rusia ingin menunjukkan eksistensinya sebagai negara yang memiliki industri nuklir potensial di dunia. Hal ini dilakukan Rusia dengan tujuan untuk melindungi kepentingan nasionalnya di wilayah Near Abroad maupun di dunia internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI 22 /06 Les i
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1249-1254 Relation to other disciplines and topics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DINA LESTARI, 070016194UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLilik Salamah, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 May 2006 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17916
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item