PERANAN ISTRI DAN ANAK DALAM EKONOMI KELUARGA PETANI TAMBAK (STUDI DESKRIPTIF DI DESA MORO CALAN, KECAMATAN GLAGAH, KABUPATEN LAMONGAN)

WIDYA KUSUMASARI, 070216665 (2006) PERANAN ISTRI DAN ANAK DALAM EKONOMI KELUARGA PETANI TAMBAK (STUDI DESKRIPTIF DI DESA MORO CALAN, KECAMATAN GLAGAH, KABUPATEN LAMONGAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
78.4.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-kusumasari-3095-fisant-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Petani tambak adalah orang yang bergelut dalam kegiatan usaha budidaya perikanan yang dilakukan dalam tambak air payau. Didalam kegiatannya petani tambak melakukan rangkaian tahapan produksi yang dibantu oleh yaitu istri dan anak sebagai anggota keluarga Istri diharapkan dapat bekerja sama dengan suami, sedangkan anak diharapkan dapat membantu orangtua. Sehingga dari bantuan tersebut keluarga petani tambak dapat bertahan. Maka dari itu, hat menarik yang dapat dikaji adalah bagaimana peranan istri dan anak dalam ekonomi keluarga petani tambak? Bagaimana sosialisasi peran pada anak petani tambak? Penelitian ini akan mendeskripsikan kegiatan sawah tambak, kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh petani tambak untuk kesejahteraan keluarga, peranan istri dan anak dalam ekonomi keluarga petani tambak, dan sosialisasi peranan terhadap anak petani tambak Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan atau observasi perilaku masyarakat tambak dalam kegiatan sawah tambak dan peranan istri serta anak dalam ekonomi keluarga petani tambak. Selain itu, juga menggunakan metode wawancara. Wawancara dilakukan pada petani tambak untuk mengetahui kegiatan petani tambak, kegiatan ekonomi yang dilakukan, dan sosialisasi peran yang dilakukan pada anak petani tambak Wawancara pada anggota keluarga petani tambak, yaitu istri dan anak petani tambak untuk mengetahui peranan mereka dalam ekonomi keluarga petani tambak Peranan perempuan sebagai istri dan anak sebagai anggota keluarga petani tambak sangat besar. Perempuan sebagai istri mempunyai tiga serangkaian pecan wanita, yaitu reproductive world productive work, dan managing community and community politics. Reproductive work merupakan peranan perempuan dalam wilayah domestik yang tidak menghasilkan secara langsung namun dapat memberi peluang bagi anggota keluarga lain untuk memanfaatkan peluang kerja yang ada. Productive work adalah peranan perempuan yang dapat menghasilkan secara langsung, sedangkan Managing community and community politics adalah peranan perempuan dalam masyarakat sehingga dapat menciptakan Iingkungan sosial yang diharapkan. Anak sebagai anggota keluarga berperan dalam penyediaan status sosial dalam bantuan ekonomi. Peranan terhadap anak petani tambak diwariskan melalui kegiatan sehari-hari. Peranan ini terkait untuk mempertahankan kelangsungan hidup petani tambak Copyrights:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 42/06 Kus p
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP IN WOMEN ; SOCIAL CHANGE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WIDYA KUSUMASARI, 070216665UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Endah Kinasih, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 06 Dec 2006 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17924
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item