DAMPAK KENAIKAN HARGA BBM DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP NELAYAN DI KELURAHAN SUKOLILO KECAMATAN BULAK KOTA SURABAYA

SORAYA HARDIANITA, 070216762 (2007) DAMPAK KENAIKAN HARGA BBM DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP NELAYAN DI KELURAHAN SUKOLILO KECAMATAN BULAK KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
79.7.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-hardianita-5022-fisant-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerjaan sebagai nelayan dapat diartikan sebagai salah satu bentuk mata pencaharian bagi sebagian besar masyarakat yang berdomisili di pinggiran pantai. Mereka cukup mengandalkan perahu, beberapa teknik untuk menguasai alam dan teknik untuk menangkap ikan di Taut. Pekerjaan ini dilakukan secara turun¬temurun di dalam keluarganya. Kehidupan nelayan masih dapat digariskan ke dalam posisi yang marginal dan subsisten. Setelah kenaikan BBM, memberikan dampak yang besar bagi kehidupan nelayan. Karen BBM sudah menjadi kebutuhan pokok sehari- hari. Biaya dari transportasi yang merupakan salah satu faktor pembentukan harga produksi sangat bergantung kepada besarnya harga BBM. Bisa dibayangkan bagaimana pentingnya peran BBM bagi kehidupan nelayan.Dengan adanya kenaikan harga BBM diikuti pula oleh kenaikan harga kebutuhan pokok yang lain yang berpengaruh terhadap kehidupan nelayan. Untuk itu penelitian ini mencoba menjawab mengenai dampak apa saja yang dihadapi oleh pars nelayan pasca kenaikan BBM dan strategi yang digunakan untuk mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggambarkan fenomena sosial yang terjadi pads kehidupan nelayan Sukolilo pasca kenaikan BBM. Dampak yang ditimbulkan adalah naiknya harga kebutuhan pokok, harga ikan yang tidak mengalami kenaikan, penghasilan yang didapatkan selalu habis digunakan seketika sehingga nelayan tidak dapat menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung. Untuk mengatasinya diperlukan beberapa strategi agar dapat bertahan hidup, yaitu dengan care : (1) Hutang, (2) Menggadaikan barang berharga milik pribadi, (3) Ikut Arisan. Dengan melakukan strategi – strategi seperti diatas, diharapkan kehidupan nelayan dapat berjalan dengan lebih baik dan terarah daripada sewaktu harga BBM mulai naik. Strategi ini mengupayakan supaya kehidupan nelayan tetap merasa survive untuk manghadapi tantangan – tantangan yang selalu menyertai kehidupannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 11/07 Har d
Uncontrolled Keywords: ANTHROPOLOGY, SOCIAL; FISHERS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH344-344.8 Methods and gear. Catching of fish
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
SORAYA HARDIANITA, 070216762UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjo Santoso, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 31 May 2007 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 21:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17937
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item