STRATEGI MANAJEMEN KONFILIK REMAJA PUTRI DI SURABAYA TIERHADAP LARANGAN BERPACARAN OLEH ORANG TUA

IDHI OKTA AYURIANA, 070316929 (2008) STRATEGI MANAJEMEN KONFILIK REMAJA PUTRI DI SURABAYA TIERHADAP LARANGAN BERPACARAN OLEH ORANG TUA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-ayurianaid-9333-fisk32-k.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-ayurianaid-9169-fisk32-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang adanya konflik yang terjadi antara remaja dengan orangtua karena adanya larangan berpacaran dari orangtua. Ketika konflik tersebut ter adi remaja dihadapkan pada pilihan-pilihan strategi manajemen konflik yang diambil untuk menyelesaikan konflik tersebut. Fenomena tersebut kemudian dirumuskan sebagai masalah penelitian yaitu strategi menejemen konflik yang dilakukan remaja putri ketika orangtua melarang mereka berpacaran. Sebagai pengaya interpretasi peneliti menggunakan tinjauan pustaka yang terkait dengan remaja, konflik, dan strategi manajemen konflik untuk mengetahui strategi yang digunakan. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah remaja putri usia usia 13-17 tahun di Surabaya. Sedangkan untuk menganalisis strategi manajemen konflik peneliti mengubah transkrip yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam kedalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen konflik yang dilakukan remaja putri adalah facilitating verbal expression, dimana remaja berusaha menunjukkan sisi positif hubungannya. Strategi avoidance dilakukan oleh remaja dengan Cara menyembunyikan hubungan pacaran mereka (backstreet). Remaja juga melakukan talk dengan orangtua agar konflik dapat berakhir. Strategi emphaty yaitu dengan berusaha merasakan apa yang drasakan orangtua juga dilakukan oleh remaja. Kemudian, remaja juga melakukan argumentativeness dan fighting actively, yaitu dengan adu argumen secara langsung dengan orangtua mereka. Strategi negosiasi juga dilakukan remaja, yaitu membuat kesepakatan dengan orang tuanya. Selain itu, peneliti juga menemukan strategi non verbal yang dilakukan remaja dengan Cara memberikan pembuktian secara langsung melalui tindakan bahwa apa yang dikatakan orang tuanya tidak benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 32/08 Ayu s
Uncontrolled Keywords: CONFLIC, TEENAGERS; BEHAVIORAL ASSESSMENT
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IDHI OKTA AYURIANA, 070316929UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Moerdijati, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 19 Feb 2009 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 04:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18009
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item