HUBUNGAN ANTARA TERPAAN IKLAN YANG MENGGUNAKAN ENDORSER SELEBRITI DENGAN BRAND POSITIONING INDOMIE (Studi Korelasional Antara Terpaan Iklan Televisi Mi Instan Indomie Yang Menggunakan Edorser Selebrid Dengan Brand Positioning Indomie Pada Masyarakat di

ANGGARINI, 070316968 (2008) HUBUNGAN ANTARA TERPAAN IKLAN YANG MENGGUNAKAN ENDORSER SELEBRITI DENGAN BRAND POSITIONING INDOMIE (Studi Korelasional Antara Terpaan Iklan Televisi Mi Instan Indomie Yang Menggunakan Edorser Selebrid Dengan Brand Positioning Indomie Pada Masyarakat di. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-anggarini-9242-fisk22-k.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-anggarini-9183-fisk22-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indomie merupakan market leader di pasar mi instan karena dominasinya yang cukup kuat di kompetisi mi instan di Indonesia, sehingga Indomie memiliki brand positioning kuat yang dibangun metatui berbagai macam promosi, salah sauwya melalui Man yang menampilkan endorser selebriti. Iklan yang ditayangkan di televisi tersebut memiliki stopping power yang cukup kuat karena menampilkan selebriti sebagai endorser, diantaranya 3 Diva Indonesia (Kris Dayanti, Titi Dwi 3ayanti, dan Ruth Sahanaya), dan Man versi terbaru yang menampilkan penyanyi muda berbakat, Gita Gutawa. Mi instan merupakan produk yang tergolong low involvement (tingkat keterlibatan rendah), yaitu produk dengan tingkat resiko yang kecil baik finansial, sosial, dan psikologi yang mengakibatkan keputusan konsumen untuk membeli merek produk tertentu didasari pada pettimbangan yang terbatas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetabui mengetabui ada tidaknya hubungan antara terpaan iklan televisi mi instan Indomie yang menggunakan endorser selebriti dengan brand positioning Indomie pada masyarakat di Surabaya. Teori komunitasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah powerful/ effect (model jartun hipodennik), yaitu teori yang mengasumsikan bahwa massa yang tidak berdaya ditembaki oleh stimuli media massa (pesan komunikasi seperti obat yang disuntikkan dengan jarum ke bawah kulit pasien), dan S-0-R Karena Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan datanya melalui kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan: (I) ada hubungan antara durasi dalam menonton iklan televisi mi instan Indomie yang menggunakan endorser selebriti dengan brand positioning Indomie, (2) tidak ada hubungan antara frekuensi dan atensi dalam menonton iklan televisi mi instan Indomie yang menggunakan endorrer selebriti dengan brand positionirg Indomie, (3') ada hubungan antara usia responder dengan brand positioning Indomie, dan (4) tidak ada hubungan antara jenis kelamin, pendidikan, okupasi, dan pendapatan responden dengan brand positioning Indomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 22/08 Ang h
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; TELEVISION ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ANGGARINI, 070316968UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYan Yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 20 Feb 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 16:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18013
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item