OPINI PEMIRSA TELEVISI SURABAYA TERHADAP NEWS TICKER DI METRO TV (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI OPINI PEMIRSA TELEVISI DI SURABAYA TERHADAP NEWS TICKER DI METRO TV)

APRIASAFITRI PRARIESTA, 070316915 (2007) OPINI PEMIRSA TELEVISI SURABAYA TERHADAP NEWS TICKER DI METRO TV (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI OPINI PEMIRSA TELEVISI DI SURABAYA TERHADAP NEWS TICKER DI METRO TV). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-prariestaa-9269-fisk35-k.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-prariestaa-9184-fisk35-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang opini pemirsa televisi Surabaya terhadap news ticker di Metro TV. News ticker merupakan serangkaian berita tertulis berjalan dari kanan ke kiri dan selalu hadir selama 24 jam dengan cara disisipkan dibagian bawah layar kaca televisi dalam segala jenis program acara sedang ditayangkan. Hal inilah yang membuat news ticker berbeda dengan running text atau serangkaian kalimat bedalan yang muncul pada stasiun televisi lain. Opini yang akan diamati meliputi keseluruhan aspek yang terdapat dalam news ticker ialah alasan pemirsa televisi membaca news ticker, faktor-faktor yang membuat pemirsa suka atau tidak suka membaca news ticker serta opini terhadap cara news ticker menyampaikan berita. Tinjauan pustaka dalam penelitian kali ini ialah meliputi teori televisi sebagai media komunikasi massa, pemirsa televisi sebagai khalayak massa, opini sebagai hasil stimulus respon pemirsa televise dan news ticker sebagai berita tertulis dalam televisi. Reponden dalam penelitian ini adalah individu-individu laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 20-59 tahun, sesuai dengan segmentasi pemirsa Metro TV dan mereka pernah membaca news ticker minimal satu kali. Dengan menggunakan metode sampel multistage random sampling, maka terpilih secara acak kecamatan Gayungan sebagai wilayah penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan skala likert untuk mengukur kecenderungan arah opini pemirsa, dengan cara mengajukan pemyataan yang telah dibagi menjadi dua dimensi, yaitu dimensi favourable dan unfavourable, oleh karena opini merupakan pengukuran 2 dimensi sikap, yakni positif dan negatif pemyataan-pernyataan tersebut diajukan kepada responden dengan bantuan instrument penelitian yakni kuisioner, agar opini yang didapat sesuai dengan keinginan peneliti. Hasil penelitian menun.ukkan bahwa mayoritas pemirsa Metro TV di Surabaya menyatakan opini yang bersifat favourable terhadap news ticker. Selain itu yang merupakan faktor paling kuat dalam menarik perhatian pemirsa untuk membaca news ticker adalah dikarenakan tulisannya yang terus-menerus bedalan dan isinya yang merupakan berita yang aktual. Dari kesimpulan inilah dapat diketahui bahwa news ticker merupakan media massa bagi pemirsa untuk up-date tentang berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 35/08 Pra o
Uncontrolled Keywords: PERCEPTION; TELEVISION ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
APRIASAFITRI PRARIESTA, 070316915UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Pudji Rahayu, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 20 Feb 2009 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 00:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18014
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item