KRITIK SOSIAL DALAM IKLAN TELEVISI KOMERSIAL ( Studi semiotik tentang konstruk kritik sosialterhadap pelayanan publik di Indonesia dalam iklan televisi komesial )

WULAN DEWI SARTIKA, 070316841 (2007) KRITIK SOSIAL DALAM IKLAN TELEVISI KOMERSIAL ( Studi semiotik tentang konstruk kritik sosialterhadap pelayanan publik di Indonesia dalam iklan televisi komesial ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-sartikawul-9264-fisk24-k.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-sartikawul-9187-fisk24-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah mengungkap dan menganalisis bagaimana media massa khususnya kreatif iklan menampilkan pesan terhadap suatu fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan masyarakat. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana kreatif Man televisi diproduksi untuk menampilkan realitas yang ada di masyarakat dan mengkritisi persoalan birokrasi khususnya pelayanan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tekstual, dengan lebih merujuk pada salah satu studinya adalah studi semiotik. Untuk mengungkap dan menganalisa masalah yang ada digunakan pendekatan paradigma dan sintagma. Dalam penelitian ini, peneliti memilih sudut pandang untuk lebih melihat maksud kreator iklan dalam menciptakan sebuah ide kritis dan menampilkan sebuah tayangan audio visual atau iklan tersebut untuk dikonsumsi masyarakat selain tujuan branding suatu produk. Sehingga, masalah yang muncul adalah apasajakah bentuk-bentuk kritik sosial tersebut yang terkandung dalam sebuah ide kreatif yaitu iklan, khususnya masalah birokrasi di Indonesia. Sampel penelitian in adalah iklan televisi rokok A-mild seri Tanya Kenapa versi harusnya `Gampang Dibikin Susah'. Peneliti melihat tayangan iklan ini yang megkritisi pemerintah birokrat dalam pelayanan publik. Kreator iklan menampilkan `perilaku-perilaku' pejabat pelayanan publik yang sangat tidak sesuai dengan sebuah aturan yang berlaku. Sehingga, masyarakat mengalami banyak kerugian seperti waktu, uang,dll. Masyarakat juga ditampilkan oleh kreator iklan sebagai pihak yang pasif dan pasrah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 24/08 Sar k
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING � SOCIAL ASPECTS; MUNICIPAL SERVICES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
WULAN DEWI SARTIKA, 070316841UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachma Ida, Dra., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 20 Feb 2009 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 02:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18017
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item