KEPUASAN PEMBACA CMCKLIT CINTAPUCCINO DI SURABAYA ( Studi deskriptif tentang kepuasan yang diperoleh pembaca Chicklit Cintapucino dengan konsep Gran, fYcadon Sought dan Gratificadon Obtained)

SHEREZA LUAMTA WURANGUN, 070116538 (2007) KEPUASAN PEMBACA CMCKLIT CINTAPUCCINO DI SURABAYA ( Studi deskriptif tentang kepuasan yang diperoleh pembaca Chicklit Cintapucino dengan konsep Gran, fYcadon Sought dan Gratificadon Obtained). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-wurangunsh-9279-fisk47-k.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-wurangunsh-9190-fisk47-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beberapa tahun terakhir terdapat novel jenis Baru, dinamakan chicklit. Apabila dilihat dari sudut pandang harfiah, secara linguistik, chicklit adalah singkatan dari chick literature, chick adalah bahasa slang untuk perempuan kota besar/urban, yakni karya sastra yang bercerita tentang wanita muda. Salah satu Chicklit karya pertama perempuan Indonesia dan meraih Best Seller adalah Chicklit Cintapuccino. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui kepuasan pembaca Chicklit Cintapuccino, mengingat bahwa pada dasarnya setiap individu dalam mengkonsumsi media massa memiliki motif atau harapan tertentu. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan konsep Gratification Sought dan Gratification Obtain. Dalam menspesifikkan penelitian ini, kategori motif individu membaca chicklit, yang dijadikan acuan adalah kategori motif pengkonsumsian media menurut Blumler, yaitu motif informasi, identitas pribadi dan hiburan. Kerangka Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah chicklit dan fungsinya sebagai media massa cetak. Metode penelitian yang diguankan acuan teori motif mengkonsumsi media. McQuail, Blumler and Brown : Surveillance atau Informasi, Identitas Pribadidan Diversi atau hiburan. Penelitian kepuasan pembaca chicklit Cintapuccino ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah pengujian kesahihan dan konsistensi dari kuesioner penelitian yang akan digunakan. Dari uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item variabel informasi, identitas diri, dan hiburan pada gratification sought dan gratification obtain mempunyai nilai corrected item to total correlation lebih besar dari r standar yaitu 0,3 dan dari uji reliabilitas menunjukkan nilai alpha cronbach seluruh variabel mempunyai nilai lebih besar dari 0,6 dengan demikian kuesioner untuk seluruh variabel mempunyai konsistensi atau kestabilan yang baik. Kemudian akan ditampilkan temuan dan analisis data. Temuan dan analisis data berisi pemaparan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil pengumpulan data di kuesioner. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu adanya kesenjangan antara Gratification Sought dan Gratification Obtain dilihat dari motif informasi, identitas, dan motif hiburan pada pembaca chicklit Cintapuccino. Dari kesenjangan itu dapat disimpulkan bila chicklit Cintapuccino memuaskan pembacanya dalam hal informasi, identitas pribadi dan hiburan. Tetapi Penelitian mengenai Kepuasan Pembaca Chicklit Cintapuccino di Surabaya ini hanya sebagai penelitian awal. Agar penelitian ini menjadi lebih fokus masih dibutuhkan penelitian-penelitian lain yang lebih terpusat pada satu kategori motif saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 47/08 Wur k
Uncontrolled Keywords: SATISFACTION; MASS MEDIA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
SHEREZA LUAMTA WURANGUN, 070116538UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 20 Feb 2009 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18020
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item