PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA (STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN DI PT TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR KANDATEL SURABAYA TIMUR)

DHIYAN MARWATI P, 070316973 (2008) PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA (STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN DI PT TELKOM DIVRE V JAWA TIMUR KANDATEL SURABAYA TIMUR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2009-dhiyanmarw-9954-fisan3-k.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-dhiyanmarw-9514-fisan3-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Krisis ekonomi membawa pengaruh terhadap sikap masyarakat terhadap segala hal. Salah satunya adalah sikap masyarakat yang mulai mempedulikan berbagai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Salah satu kebijakan yang menjadi sorotan dalam masyarakat adalah perlunya transparansi, akuntabilitas, responsibilitas (pertanggunjawaban), independensi (kemandirian) dan fairness (kewajaran). Tuntutan akan hal itu menyebabkan pemerintah berupaya untuk membuat suatu kebijakan terkait dengan hal tersebut. Dalam usahanya itu pemerintah membuat suatu kebijakan yang mengharuskan perusahaan publik dalam hal ini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Meskipun kebijakan ini ditujuka bagi BUMN namun kebijakan ini tidak menutup kemungkinan untuk dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan swasta. Karena kebijakan ini merupakan tuntutan masyarakat yang juga merupakan salah satu stakeholder perusahaan-perusahaan baik privat maupun publik. Salah satu perusahaan publik yang memiliki komitmen yang tinggi dalam menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance adalah PT Telkom Divre V Kandatel Surabaya Timur. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang diajukan adalah bagaimana pelaksanaan prinsip-prinsip good corporate governance dalam program kemitraan dan bina lingkungan di PT Telkom Divre V Kandatel Surabaya Timur dan apa saja faktor yang mendukung dalam penerapan prinsip-prinsip good corporate governance dalam program kemitraan dan bina lingkungan di PT Telkom Divre V Kandatel Surabaya Timur. Untuk menjawab permasalahan ini, digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian ekspalanasi. Data-data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, serta memanfaatkan hasil dokumenter. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Proses analisis yang dilakukan adalah dengan mengkategorikan dan mengkombinasikan data-data yang diperoleh, dan menetapkan hubungan antar data yang diperoleh. Dari hasil yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang diterapkan di PT Telkom Divre V Kandatel Surabaya Timur didominasi oleh beberapa prinsip saja. Artinya bahwa tidak semua prinsip-prinsip Good Corporate Governance diterapkan secara maksimal oleh Telkom. Adapun prinsip yang dominan dilaksanakan oleh Telkom adalah prinsip transaparansi, akuntabilitas dan responsibilitas. Sedangkan dua prinsip yang lain yaitu independensi dan fairness.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis AN 35/08 Dhi p
Uncontrolled Keywords: CORPORATE GOVERNANCEW; LOCAL GOVERNMENT; LOCAL FINANCE-ACCOUNTING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DHIYAN MARWATI P, 070316973UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorR. Wahyuni Triana, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 May 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 17:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18039
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item