STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Deskriptif Tentang Penerapan Sistem Drive Thru Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Manyar Surabaya Timur)

PUTU ADITYA FERDIAN ARIAWANTARA, 070417270 (2008) STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Deskriptif Tentang Penerapan Sistem Drive Thru Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Manyar Surabaya Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2009-ariawantar-9870-fisan3-k.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-ariawantar-9516-fisan3-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu sektor penerimaan negara terbesar adalah berasal dari pajak. Salah satu institusi pemerintah yang memungut pajak yang obyeknya adalah kendaraan bermotor ialah Kantor Bersama Samsat. Kantor Bersama Samsat sebagai salah satu institusi, yang menggunakan Sistem Satu Atap. Disisi lain lembaga pelayanan Kantor Bersama Samsat sangat unik, karena melibatkan unsur-unsur yang berbeda tugas pokok, dan fungsinya tetapi dapat bekerja sama secara integratif dan harmonis dalam sebuah sistem kelembagaan untuk melayani masyarakat. Samsat dituntut untuk semakin kompetitif untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada wajib pajak kendaraan bermotor, seiring dengan makin kompleknya kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat menginginkan pelayanan yang cepat, mudah, dan dengan biaya yang rasional atau murah. Ini merupakan cara yang terbaik untuk memberikan tingkat kepuasan yang tinggi kepada wajib pajak. Pada akhirnya kepuasan wajib pajak akan membangun kepercayaan mereka kepada semua kegiatan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu strategi pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat wajib pajak dalam rangka pembayaran pajak kendaraan bermotor, yaitu Drive Thru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Kantor Bersama Samsat Manyar Surabaya Timur. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah para wajib pajak kendaraan bermotor roda empat yang telah menggunakan Drive Thru, staf atau petugas operator Drive Thru, dan Administrator Pelayanan Kantor Bersama Samsat Manyar Surabaya Timur. Sedangkan teknik penentuan informan yang digunakan adalah dengan Non Probability Sampling, khususnya dengan menggunakan Purposive Sampling. Jumlah informan sebanyak empat orang dari wajib pajak, yaitu laki-laki pengguna dan pemilik kendaraan, perempuan pengguna dan pemilik kendaraan, laki-laki pengguna Drive Thru dan bukan pemilik kendaraan, dan perempuan pengguna Drive Thru dan bukan pemilik kendaraan. Selanjutnya adalah tiga orang dari unsur Samsat, yaitu Administrator Pelayanan, petugas operator loket I Drive Thru, dan petugas operator loket Il Drive Thru. Analisis dilakukan dengan menggunakan tiga alur menurut Miles dan Huberman. Pertama adalah mereduksi data, dengan cara memilah-milah data kasar yang muncul dari wawancara, catatan tertulis untuk menajamkan analisa, data yang tidak penting dibuang kemudian data-data yang penting tadi digolongkan sehingga bisa ditarik kesimpulan finalnya. Kedua adalah melakukan penyajian data yang merupakan susunan sekumpulan informasi. Ketiga adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis AN 39/08 Ari s
Uncontrolled Keywords: TOTAL QUALITY MANAGEMENT IN GOVERNMENT; CIVIL SERVICES � PERSONNEL MANAGEMENT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PUTU ADITYA FERDIAN ARIAWANTARA, 070417270UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 May 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 17:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18041
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item