KONFLIK DALAM BISNIS RITEL (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KONFLIK DAN PERLAWANAN KARYAWAN MAGA SWALAYAN PUSAT DI YOGYAKARTA)

RATRI NI'MAH R, 070417190 (2008) KONFLIK DALAM BISNIS RITEL (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KONFLIK DAN PERLAWANAN KARYAWAN MAGA SWALAYAN PUSAT DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2009-ratrinimah-9871-fiss27-k.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-ratrinimah-9521-fiss27-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik vertikal yang terjadi di industri jasa yang manajemennya dikelola oleh keluarga, yaitu Maga Swalayan. Meskipun sudah ada peraturan dan kebijakan yang mengatur semua sistem produksi dan organisasi yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan bahkan Maga Swalayan sendiri, ternyata konflik vertikal masih saja terjadi. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap tentang bentuk perlawanan yang dilakukan oleh para karyawan yang merasa tidak puas dengan kebijakan manajemen, dan upaya penyelesaian konflik yang ditempuh pihak manajemen. Untuk mengkaji permasalahan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori konflik, teori perlawanan dan upaya penyelesaian konflik. Tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan teknik pengambilan sampei cluster random sampling. Sedangkan untuk menggah informasi, peneliti menggunakan teknik wawancara berstruktur sebagai data primer dan data sekunder sebagai pelengkap didapatkan dari berbagai media massa dan hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penyebab konflik yang terjadi disebabkan oleh pihak manajemen, yaitu intensitas perubahan kebijakan, pekerjaan karyawan yang tidak sesuai dengan job-desk dan perbedaan perlakuan yang diterima karyawan. Bentuk perlawanan yang dilakukan karyawan akibat ketidakpuasan tersebut dilakukan secara tertutup (diam-diam), antara lain dengan melakukan mogok kerja, bermalas-malasan, sabotase dan bolos kerja, sedangkan upaya penyelesaian konflik yang dilakukan oleh pihak manajemen adalah dengan cara perundingan bersama perwakilan beberapa karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis S 27/08 Rat k
Uncontrolled Keywords: CONFLIC; RETAIL TRADE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5428-5429.6 Retail trade
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
RATRI NI'MAH R, 070417190UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 May 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 17:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18046
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item