POLA REMITTANCE DAN DAMPAKNYA BAGI KELUARGA DAN MASYARAKAT (Studi tentang TKI Asal Desa Semanding Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo ke Luar Negeri)

DIANTI CITRA PRATIWI LATIEF, 070317031 (2008) POLA REMITTANCE DAN DAMPAKNYA BAGI KELUARGA DAN MASYARAKAT (Studi tentang TKI Asal Desa Semanding Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo ke Luar Negeri). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-latiefdian-9578-fisant-k.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-latiefdian-9553-fisant-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran besar Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri dalam kehidupan ekonomi dan sosial bangsa Indonesia. Peran besar TKI tersebut adalah sebagai alternatif solusi mengenai tingginya angka pengangguran yang dapat menambah kesejahteraan TKI beserta keluarganya serta peran TKI sebagai penyumbang devisa yang cukup besar bagi Indonesia. Bekerja di luar negeri dengan harapan memperoleh hasil yang lebih baik, dan dapat memperbaiki ekonomi keluarga merupakan motivasi besar para TKI. Pekerjaan apapun akan dilakukan betapapun beratnya, asalkan hasil yang diharapkan dapat terpenuhi. Jauh dari kampung halaman bukan berarti meninggalkan kewajiban untuk menghidupi keluarga di daerah asal. Kiriman TKI merupakan hal yang selalu ditunggu oleh keluarga TKI di daerah asal. Kiriman inilah yang disebut remittance TKI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengamatan, wawancara dan pengumpulan bahan dokumen sebagai tehnik pengumpulan datanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam menjelaskan dan menggambarkan data yang telah didapat dan menganalisisnya dengan teori yang sesuai. Remittance TKI merupakan fokus bahasan dari penelitian ini. Penelitian ini dimulai dengan melihat bagaimana profil dari TKI asal desa Semanding, yang menganggap bahwa menjadi TKI merupakan alternatif pemenuhan kebutuhan hidup. Kemudian mencari bagaimana pengiriman dan penggunaan remittance TKI asal hingga menimbulkan dampak pada kehidupan sosial ekonomi keluarga dan masyarakat Desa Semanding, Keeamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa profil dari TKI memberikan pengaruh terhadap proses remittance TKI. Sedangkan dari remittance TKI sendiri mempunyai pola pengiriman dan pola penggunaan. Kedua pola tersebut mempunyai unsur sendiri-sendiri yang kemudian juga mempunyai pola-pola tertentu yang kemudian memberikan dampak bagi keluarga dan masyarakat sekitar, baik material maupun immaterial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis Ant 21/08 Lat p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL STATUS; SOCIAL CHANGE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIANTI CITRA PRATIWI LATIEF, 070317031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 14 May 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18050
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item