Studi Eksplanatif Persepsi Murid tentang Pengaruh Tingkat Komitmen Organisasional yaitu Komitmen Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Komite Sekolah, Orang Tua Murid dan Murid terhadap Tingkat Pencapaian Prestasi Peserta Didik dalam Implementasi Manajemen Berbasis sekolah (MBS) di SMP Negeri I Grogol, Kabupaten Kediri

PRIMA ARTIKA PRATIWI, 070417167 (2008) Studi Eksplanatif Persepsi Murid tentang Pengaruh Tingkat Komitmen Organisasional yaitu Komitmen Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Komite Sekolah, Orang Tua Murid dan Murid terhadap Tingkat Pencapaian Prestasi Peserta Didik dalam Implementasi Manajemen Berbasis sekolah (MBS) di SMP Negeri I Grogol, Kabupaten Kediri. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2009-pratiwipri-9951-fisan3-k.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) hadir sebagai sebuah model pengembangan pendidikan yang ada di Indonesia. Salah satu tujuan dari penerapan model pendidikan ini adalah pencapaian prestasi peserta didik yang ada di sekolah. Model pendidikan ini muncul karena berdasarkan pada kenyataannya mutu pendidikan di Indonesia, khususnya pada hal pencapaian prestasi akademik dan non akademik dari peserta didik tidak mengalami peningkatan yang cukup berarti. Hingga saat ini, negara kita Indonesia masih di kategorikan sebagai negara dengan mutu pendidikan rendah. oleh sebab itu, diperlukan adanya satu paradigma baru dalam dunia pendidikan yaitu MBS. Akan tetapi penerapan MBS sendiri, belum bedalan secara maksimal. Hal ini disebabkan karena beberapa stakeholder, yakni pihak sekolah dan masyarakat belum memiliki komitmen bersama untuk mmbangun prestasi sekolah. Oleh sebab itu penelitian ini bermaksud untuk meneliti tentang pengaruh tingkat komitmen organisasional terhadap tingkat pencapaian prestasi peserta didik dalam implementasi MBS. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksplanatif Populasi dalam penelitian ini adalah murid di SMP Negeri 1 Grogol, Kabupaten Kediri, dengan jumlah 1035 murid. Kemudian untuk menentukan besaran sampel peneliti mengambil secara proporsional dengan masing-masing jenjang kelas sebesar 10%, dan akhimya diperoleh hasil sampel secara kesuluruhan sebesar 104 responden. Responden tersebut menjawab beberapa pertanyaan dalam kuisioner sebagai alat pengumpul data yang utama. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa product moment yang berfungsi untuk mencari hubungan dan pengaruh serta regresi linier yang berfungsi untuk menguji bagaimanan pengaruh antara variabel tingkat komitmen organisasional terhadap tingkat pencapaian prestasi peserta didik dalam implementasi MBS. Sesuai dengan proses analisis dari data dilapangan, maka penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa ada hubungan dan pengaruh yang cukup antara variabel tingkat komitmen organisasional terhadap tingkat komitmen organisasional. Hal ini dapat dilihat pada koefisien korelasi dari variabel tingkat komitmen organisasional terhadap tingkat pencapaian prestasi peserta didik terletak pada range antara 0,440 – 0,699. Kemudian, besaran sumbangan pengaruh antara variabel tingkat komitmen organisasional terhadap tingkat pencapaian prestasi peserta didik sebesar 46.8%. Hal ini membuktikan bahwa variabel tingkat komitmen organisasional mempengaruhi sebesar 46,8% variabel tingkat pencapaian prestasi peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahwa tingkat komitmen organisasional mempengaruhi tingkat pencapaian prestasi peserta didik dalam implementasi MBS sebesar 46,8% sedangkan sisanya yaitu 53,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kkb kk Fis AN 30/08 Pra s
Uncontrolled Keywords: TRUST AND TRUSTEES; ELEMENTARY SCHOOLS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
PRIMA ARTIKA PRATIWI, 070417167UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Dr., Drs., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 14 May 2009 12:00
Last Modified: 12 Sep 2017 19:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18051
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item