STUDI EVALUASI MANAJEMEN KRISIS PT. PETROKIMIA GRESIK DALAM MENANGANI KASUS KEBOCORAN PIPA GAS ASAM SULFAT DI DESA LUMPUR

YUNIA NUR RISKA, - (2009) STUDI EVALUASI MANAJEMEN KRISIS PT. PETROKIMIA GRESIK DALAM MENANGANI KASUS KEBOCORAN PIPA GAS ASAM SULFAT DI DESA LUMPUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-riskayunia-10267-fisk07-k.pdf

Download (345kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Petrokimia Gresik merupakan Badan Usaha Milik Negara dalam lingkup Departemen Perindustrian dan Perdagangan, melakukan usaha dalam bidang produksi pupuk, bahan-bahan kimia dan jasa lainnya. Dalam kegiatan produksinya PT. Petrokimia Gresik yang sudah berusia 36 tahun ini, sangat rawan terhadap pencemaran lingkungan dan kesehatan, mengingat proses produksinya yang sarat dengan bahan kimia. Dalam menangani kasus kebocoran pipa gas asam sulfat pada 15 September 2008, PT. Petrokimia Gresik mempunyai strategi manajemen krisis pada masyarakat sekitarnya sebagai bagian dari publik perusahaan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana manajemen krisis PT. Petrokimia Gresik dalam menangani kasus kebocoran pipa gas asam sulfat di desa Lumpur? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa manajemen krisis PT. Petrokimia Gresik dalam menangani kasus kebocoran pipa gas asam sulfat di desa Lumpur. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi khususnya Public Relations terutama yang berkaitan dengan strategi PR dalam crisis management, community relations, dan community development. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah Public Relations, tahap evaluasi bagi proses PR, peran community relations bagi kegiatan PR, dan manajemen krisis. Penelitian ini merupakan sebuah studi evaluasi untuk mengukur manajemen krisis PT. Petrokimia Gresik terhadap masyarakat desa Lumpur pasca kasus kebocoran pipa gas asam sulfat menggunakan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara mendalam (indepth interview). Teknik analisa data dilakukan secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah manajemen krisis yang dilaksanakan oleh PT. Petrokimia Gresik berjalan dengan efektif, terbukti dengan tanggapan masyarakat yang positif terhadap manajemen krisis PT. Perokimia Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 07/09 Ris s (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: RISK ASSESSMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
YUNIA NUR RISKA, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRatih Puspa, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 10 Jun 2009 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 01:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18053
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item