MOTIF MEMBACA RUBRIK TABLOID NYATA PADA IBU RUMAH TANGGA DI SURABAYA

IKA MAHANANI, 079915996 (2005) MOTIF MEMBACA RUBRIK TABLOID NYATA PADA IBU RUMAH TANGGA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-mahananiik-1248-fisk26-k.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-mahananiik-1248-fisk26-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi yang cukup tentang berbagai aspek kehidupan sangat diperlukan seorang ibu rumah tangga dalam mengelola rumah tangganya agar dapat mengikuti perkembangan jaman. Tabloid wanita merupakan salah satu sumber informasi bagi wanita karena menyajikan banyak hal yang dianggap sebagai masalah wanita yakni seputar masalah kecantikan, memasak, mode, bagaimana tips mengatur rumah dan keuangan, serta membina hubungan yang baik dengan keluarga dan lingkungannya. Penelitian ini mencari tahu motif apa saja yang mendorong ibu rumah tangga dalam memanfaatkan tabloid Nyata dan juga untuk mengetahui motif yang mendorong perilaku ibu rumah tangga dalam memanfaatkan tabloid tersebut ditunjang oleh adanya rubrik di tabloid yang bisa memenuhi kebutuhannya. Adapun manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan tabloid Nyata sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas tabloid Nyata. Teori yang digunakan adalah Teori Uses and Gratifications, teori Utilitarian, teori Peneguhan, teori Peniruan, Motif Membaca, dan Tabloid Nyata sebagai Media Massa. Metode penelitian ini adalah survey dengan teknik analisis deskriptif. Unit analisis yang ibu rumah tangga di Surabaya berusia 18-40 tahun yang berlangganan tabloid Nyata. Data yang diperoleh dimasukkan dalam tabel frekuensi kemudian dianalisis yang dikaitkan dengan teori dan fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan motif yang mendasari ibu rumah tangga membaca tabloid Nyata adalah motif kognitif, motif identitas personal dan motif diversi. Motif membaca rubrik dalam tabloid Nyata pada ibu rumah tangga per rubrik sebagai berikut. Rubrik Keluarga, rubrik Gaya Hidup, rubrik Lain-lain, rubrik Mode dan Kecantikan, rubrik Memasak, rubrik Kesehatan dan Kebugaran, rubrik Konsultasi, dan rubrik Kisah dipilih ibu rumah tangga berdasarkan motif kognitif. Sedangkan rubrik Selebritis dipilih oleh ibu rumah tangga berdasarkan pada motif diversi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 26/06 Mah m
Uncontrolled Keywords: TABLOID NEWSPAPERS; READERS
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
IKA MAHANANI, 079915996UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 May 2006 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item