STRATEGI ADAPTASI PETANI MENGHADAPI MUSIM KEMARAU(STUDI TENTANG ADAPTASI PETANI DI KECAMATAN JOMBANG KELURAHAN TUNGGORONO)

BAGUS ROKHMAD ARIEF B., 079715371 (2006) STRATEGI ADAPTASI PETANI MENGHADAPI MUSIM KEMARAU(STUDI TENTANG ADAPTASI PETANI DI KECAMATAN JOMBANG KELURAHAN TUNGGORONO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ASBTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-bagusrokhm-1359-fisant-k.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-bagusrokhm-1359-fisant-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan bercocok tanam sebagai mata pencaharian untuk mempertahankan hidup merupakan suatu fenomena menarik untuk diungkapkan. Fenomena tersebut menarik, karena meskipun telah terdapat penelitian tentang kegiatan bercocok tanam untuk mempertahankan hidup tetapi proses yang terjadi pada masing-masing tempat berbeda. Perbedaan ini disebabkan oleh keadaan lingkungan alam (fisik) pada masing-masing tempat tersebut yang juga berbeda. Kegiatan bercocok tanam dilakukan oleh masyarakat di Tunggorono, karena masyarakat tersebut telah mengetahui kondisi lingkungan alamnya. Kondisi lahan yang mudah sekali kering apabila tidak terdapat hujan ditambah pula dengan sumber air untuk irigasi yaitu sungai yang juga kering pada musim kemarau telah diketahui dan diambil tindakan oleh mereka. Sehingga dalam waktu satu tahun penuh, sebagian besar masyarakat di Tunggorono tetap dapat melakukan kegiatan cocok tanam. Agar dapat mempertahankan hidupnya, petani harus mampu untuk mengatur pendapatannya. Pendapatan tersebut diperolehnya dari kegiatan bercocok tanam maupun kegiatan atau pekerjaannya yang lain di luar bercocok tanam. Keperluan untuk kebutuhan hidup sehari-hari harus petani penuhi. Demikian pula dengan kebutuhan hidup petani yang akan datang, yaitu bercocok tanam. Oleh sebab itu masing-masing petani melakukan pengaturan ekonomi rumah tangganya. Proses pengaturan ekonomi pads masing-masing petani berbeda disesuaikan dengan kondisi atau kemampuannya. Di dalam hal ini petani akan melakukan berbagai pilihan yang dianggap paling baik guna kelangsungan hidupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK-2 KKB Fis Ant 06/06 Bag s
Uncontrolled Keywords: FARMERS-ECONOMIC CONDITION
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD920-934 Rural and farm sanitary engineering
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BAGUS ROKHMAD ARIEF B., 079715371UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYusuf Ernawan, Drs., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Jun 2006 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 22:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item