PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PERIJINAN PADA UNIT PELAYANAN TERPADU PEMERINTAH KOTA SURABAYA : Studi Deskripsi Tentang Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Pelayanan Perijinan Pada Unit Pelayanan Terpadu Pemerin

SINDU A, 0796199 (2004) PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PERIJINAN PADA UNIT PELAYANAN TERPADU PEMERINTAH KOTA SURABAYA : Studi Deskripsi Tentang Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Pelayanan Perijinan Pada Unit Pelayanan Terpadu Pemerin. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-sindua-1408-fisan0-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-sindua-1408-fisan0-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan meningkatnya pembangunan kota Surabaya dan suasana reformasi dari demokrasi semakin membuat rakyat terbuka dan kritis tentu akan menuntut pelayanan perijinan yang lebih baik dan sedikit banyak menambah tugas bagi aparat pemerintah dan juga memaksa birokrasi harus mengubah sistem birokrasi yang lama yang bersifat otoritarian, tidak transparan dan berbelit-belit, lamban dan kurang responsif terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat menjadi birokrasi yang lebih fleksibel,transparan,responsive terhadap dinamika perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Oleh karenanya, untuk mendukung manajemen pelayanan perijinan yang baik,cepat, tepat dengan biaya yang terjangkau yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surabaya, maka sesuai Surat Keputusan Walikota Kepala Daerah Kota Surabaya Nomor 188.45/125/402.1.04/1999, membentuk suatu Unit Pelayanan Terpadu Perijinan Satu Atap,dimana Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap tersebut merupakan pelayanan perijinan yang terpadu antara dinas/bagian yang berada dalam satu atap atau unit sehingga dapat tercipta kemudahan dalam pengurusan perijinan bagi masyarakat yang dapat mewujudkan suatu pelayanan perijinan yang baik,cepat, tepat dengan biaya yang terjangkau. Tujuan ini pula yang dinyatakan oleh David Osborn dan Ted Gorbler dalam buku "Reinventing Government" bahwa dalam mengantisipasi tuntutan palayanan kebutuhan masyarakat tidak hanya terfokus pada kebutuhan dasar, tetapi dibutuhkan juga birokrasi yang bersifat wirakarya yang didukung oleh penanganan suatau sistem informasi yang dibantu oleh tehnologi informasi yang handal. Berkaca dari pernyataan tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan mengkaji permasalahan dari Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap dalam pelayanan perijinan pada masyarakat dengan dipadukan terhadap pengembangan tehnologi sistem informasi manajemen yang berbasis komputer. Penelitian ini menggunakan tipe deskriftif dengan pertimbangan akan dapat memberikan gambaran tertentu secara terperinci sehingga dapat diperoleh pemahaman yang lebih jelas mengenai permasalahan tersebut. Adapun data yang diperlukan meliputi data primer dan data sekunder. Proses analisis data tentang peran sistem informasi manajemen untuk mendukung pelayanan perijinan di Unit Pelayanan Terpadu Surabaya ini akan dilakukan secara kualitatif dengan mereduksi data yang diperoleh, menggolongkan dan memilih mana yang relevan dengan permasalahan penelitian. Selanjutnya data tersebut disajikan disertai dengan intepretasi secara mendalam sehingga mudah dimengerti yang pada gilirannya akan memudahkan dalam penarikan kesimpulan. Akhirnya, peran Sistem Informasi manajemen dalam mendukung proses pelayanan perijinan masih menemui kendala. Kendala yang terjadi dikarenakan organisasi masih memerlukan orientasi dan penyesuaian,kesulitan mengubah pola pikir,perubahan sistem,prosedur kerja dan sumber daya manusia. Selain itu juga penerapan Sistem Informasi manajemen dengan memanfaatkan Tehnologi Informasi juga masih belum sepenuhnya dilaksanakan. Dan dengan diketahuinya kendala-kendala dari pelaksanaan pelayanan perijinan diatas, maka diharapkan nantinya akan dapat diperbaiki pelaksanan kebijaksanaan tersebut dengan lebih baik dan tidak menutup kemungkinan untuk diadakan penelitian lebih lanjut dari yang sudah penulis lakukan demi terwujudnya optimalisasi pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 07/06 Sin p
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS; CUSTOMER SERVICE
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
SINDU A, 0796199UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suaedi, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 Jul 2006 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 22:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item